Tanjung — Masih dalam suasana memperingati HUT Tabalong ke 47 tahun, PT. Rahman Abdijaya (PT.RA) turut berpartisipasi memeriahkan dengan menggelar seminar sehari Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) Anak di Pendopo Bersinar Tanjung , Rabu (5/12) tadi.
Kegiatan yang turut dimeriahkan sekitar 500an anak-anak mulai usia 3 bulan hingga 6 tahun se – Tabalong itu mendapat pendampingan dari dokter spesialis anak yaitu Dr. Arif Budiarto SPA, sedangkan pembicara dalam seminar adalah Dr. Ahmad Suryawan dari RS.DR.Suetomo Surabaya.
Seminar dibuka secara resmi oleh bupati Tabalong Drs.H.Rachman Ramsyi,M,Si dan hadir dalam pembukaan itu para pejabat lingkup pemkab Tabalong, GM.PT. Adaro Indonesia, Management PT.Pama, PT.SIS, dan PT.BUMA yang tergabung dalam Adaro group tidak ketinggalan juga nampak hadir ketua MUI Tabalong KH. Rasyidi LC. Serta beberapa undangan penting lainnya.
Bupati Tabalong Drs H Rachman Ramsyi dalam sambutannya mengatakan, tumbuh kembang memang menjadi hak setiap anak sebagaimana yang diamanahkan oleh undang-undang dasar 1945, yakni bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.
“Oleh karena itu, saya sependapat apabila untuk memenuhi amanah UUD 1945 tersebut, kemudian ditempuh upaya pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita melalui deteksi dini tumbuh kembang anak,” ujarnya.
Dikatakannyam dengan adanya deteksi dini tumbuh kembang anak tersebut, kiranya kita dapat mendeteksi secara dini terhadap tumbuh dan kembang anak terutama apabila memang ada penyimpangan terhadap tumbuh kembang anak yang kelak akan berdampak negatif bagi mental maupun kesehatan anak, katanya.
Sehingga lanjut bupati, antisipasi dapat dilakukan sedini mungkin untuk pencegahan terhadap penyimpangan lebih jauh dari tumbuh dan perkembangan si anak bersangkutan. Penyimpangan atas pertumbuhan dan perkembangan pada anak tidak jarang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
“Hal ini sudah barang tentu membuat kita semua menyadari betapa pentingnya kebutuhan anak akan stimulasi bagi perkembangan anak. Dengan semakin cepat terdeteksi, maka  gangguan terhadap pertumbuhan dan perkembangan dapat lebih cepat diatasi,” ujar orang nomor satu di kabupaten Tabalong ini.
Lebih jauh dikatakannya, melalui kegiatan seminar sehari tentang deteksi dini tumbuh kembang anak tersebut, semua pihak berharap kiranya para orang tua dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran para orang tua diwilayah Kabupaten Tabalong pada masalah tumbuh kembang anak dan mengetahui secara dini gangguan tumbuh kembang pada anaknya tersebut sehingga dapat segera mengonsultasikannya agar segera diketahui terlambatan yang terjadi pada akhirnya dapat membentuk putra/putri yang berprestasi sehat jasmani dan rohani.
“Pada kesempatan ini pula, saya berharap klinik tumbuh kembang sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, yang untuk awalnya dibangun di kota Tanjung, hendaknya dapat terus dikembangkan hingga keseluruhan wilayah Kabupaten Tabalong,” tambah Rachman Ramsyi.
Menurut Humas PT RA Hartinuddin, pihaknya berharap Visi Tabalong memiliki SDM Sehat, cerdas dan sejahtera berbasis agamis dapat terwujud. DDTK hanyalah langkah kecil dari rencana besar untuk menggapai misi dimaksud dan PT RA melalui program CSR-nya yang terintegrasi dengan CSR Adaro dan mitra kerja lainnya serta program pemerintah, terus berupaya membangun SDM Tabalong sebagaimana yang kita cita-citakan.
“Perhatian terhadap tumbuh kembang anak usia 6 tahun kebawah dinegara berkembang seperti kita memang belum optimal begitu juga untuk Tabalong dengan jumlah penduduk yang cukup banyak di Tabalong ini sebuah investasi SDM yang besar apalagi kemajuan Tabalong dengan SDA yang ada harus didukung dengan SDMnya yang mampu,” ujar pria murah senyum ini. (metro7/via)