Tanjung — Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong (Disdik) Kabupaten Tabalong bekerjasama dengan sponsor PT Telkomsel menggelar seminar Perspektif Kurikulum Pendidikan 2013 di Gedung Saraba Kawa Tanjung (8/3) tadi. Seminar yang bertujuan agar para guru lebih mendalami perubahan kurikulum baru yang sudah ditetapkan pemerintah pusat ini diikuti oleh 350 orang peserta.
Seminar ini menghadirkan narasumber Kepala LPMP Kalimantan Selatan Dr Abdul Kamis Marisi dan WI LPMP Kalimantan Selatan Drs Subroto Med. Kedua narasumber ini menyampaikan makalah kajian filosofis pengembangan kurikulum dan makalah implementasi kurikulum 2013.
Wakil Bupati Tabalong H Muchlis SH dalam sambutannya sebelum membuka seminar ini mengatakan, menyambut baik diselenggarakannya seminar pendidikan yang akan membahas tentang perubahan kurikulum pada tahun 2013 yang sudah barang tentu akan berdampak terhadap anak-anak didik, sehingga pada akhirnya akan bermuara pada kualitas pendidikan itu sendiri untuk masa yang akan datang.
Muchlis menegaskan pemerintah mengubah kurikulum 2013 mendatang dengan menekan aspek kognitif, efektif, psikomotorik melalui penilaian berbasis les dan portolio saling melengkapi. Dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah mengumumkan draf resmi kurikulum 2013.
Dengan demikian mulai tahun ajaran baru 2013 ini rencananya pendidikan di Indonesia akan menggunakan kurikulum ini, dimana Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dijalankan sejak tahun 2006 akan segera digantikan oleh kurikulum 2013. Kondisi ini tentunya perlu persiapan dari kalangan pendidik dan tenaga kependidikan agar tidak bingung dengan rencana perubahan kurikulum tersebut.
Usai menyampaikan sambutannya wakil bupati Tabalong didampingi Kepala Dinas Pendidikan Drs H Erwan SH MAP menyerahkan hadiah berupa handphone kepada para kepala sekolah dan hadiah lainnya kepada guru sekolah terpencil. Metro7/Via