BARABAI — Pimpinan Cabang Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar kegiatan Sosialisasi Keselamatan Kecelakaan Kerja (K3), Silaturrahmi Serikat Pekerja se Banua Enam dirangkai Pelatihan Kepemimpinan dan Advokasi Ketenagakerjaan, Kamis (14/6) tadi.

“Materi sosialisasi meliputi K3 Jasa Konstruksi dan bidang jasa lainnya, dengan tujuan untuk meningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang K3, menjalin silaturahmi serta meningkatkan potensi SDM Pengurus dan Kader SPSI,” jelas Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Ketua DPC KSPSI HST, Iwan Sulistiawan.

Ketua DPD KSPSI Kalimantan Selatan H Sahdin Sasaw menjelaskan, melalui kegiatan yang dibimbing para narasumber berkompeten di bidangnya itu, pengurus dan kader dapat mendalami, memahami dan menerapkan pengetahuan seputar K3, hak pekerja, jaminan kesehatan, Undang-Undang Serikat Pekerja, serta mendapat pencerahan untuk membina hubungan yang harmonis dan dinamis dengan banyak pihak.

“Kerjasama dan dukungan yang diberikan oleh Pemkab HST terhadap organisasi KSPSI HST  agar terus dilanjutkan,  KSPSI HST pun akan memberikan kontribusi besar bagi pembangunan daerah dengan menjadi mitra Pemkab dalam pembinaan dan peningkatan kualitas SDM pekerja serta apabila ada masalah pekerja yang muncul dapat segera diselesaikan,” ujarnya.

Perwakilan Disnakertansos HST Zainal menyampaikan apreasi dan dukungan pihaknya atas acara yang digelar KSPSI HST. Menurutnya, sosialisasi K3 penting dan sesuai amanah perundang-undangan serta termasuk syarat untuk para rekanan dalam ikut pelelangan, sehingga perlu dipahami dan dilaksanakan sebaik-baiknya.

Sementara Bupati HST H Harun Nurasid melalui Asisten II Bidang Pembangunan H Akhmad Tamzil menjelaskan, agar penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan di daerah berjalan baik, tak terlepas dari dukungan semua pihak, termasuk peran serta KSPSI sebagai mitra Pemkab.

“Peran KSPSI ini wujud dari kontribusi  untuk  pengembangan daerah agar jadi lebih sejahtera, antara lain juga memperjuangkan hak pekerja untuk mendapatkan upah sesuai UMP, terpenuhinya kebutuhan pokok di bidang kesehatan dan pendidikan  serta terbukanya akses pelayanan lainnya untuk pekerja,” katanya.

Ditambahkan pula, dengan meningkatnya kesejahteraan dan kualitas hidup pekerja, tentunya sejahtera juga bagi daerah, maka even sosialisasi penting dimanfaatkan dan diikuti sebaik-baiknya demi terwujudnya kesadaran stake holder, utamanya jasa konstruksi untuk meningkatkan profesionalisme dan bagi KSPSI untuk pembinaan kader di segenap lini organisasi, khususnya di Kabupaten HST dan umumnya di Kalimantan Selatan. advhst