Barabai – Taman Siring joewita di jalan Brigjen H Hasan Basry Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) makin ramai dikunjungi pelajar dan remaja. Mereka duduk-duduk di bawah pohon sambil main laptop, komputer tablet dan telepon genggam. (9/2)
Sejak 23 Januari lalu, Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi Hulu Sungai Tengah bekerjasama dengan Telkom melengkapi ruang publik tersebut dengan fasilitas Wifi.
 Dari pantauan, warga khususnya pelajar mulai mengakses internet gratis tersebut mulai sore pukul 16.00 Wita sampai pukul 22.00 Wita. “Lumayan, bisa internetan gratis , daripada ke warnet mendingan di sini sambil kumpul teman-teman, “kata Dedy, pelajar MTs Barabai kelas IX.
 Dia mengaku mengakses internet via ponsel, untuk mengerjakan tugas dari guru di sekolah.
 Menurut Dedy, di jaman teknologi seperti saat ini, mencari informasi lebih mudah. “Kalau ke perpustakaan, perlu waktu dan jam pelayanan terbatas. Kalau di internet, tiap saat bisa Tanya “mbah google,” tuturnya.
 Sedangkan, Fauzan, warga lainnya, mengaku mengakses internet gratis untuk hiburan. “Mendownload lagu, lumayan, walaupun kecepatan aksesnya terbatas. Makanya saya cari waktu lenggang saat pengunjung taman ini sepi, “ujarnyal.
 Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Uspia menyatakan, fasilitas Wifi diberikan PT Telkom sebagai bonus dari pemasangan jaringan untuk semua perkantoran di Pembak HST. “Semacam CSR yang diberikan dalam bentuk fasilitas akses jaringan untuk masyarakat HST,” Jelas Uspia.
 Disebutkan dia, ada tiga titik Wifi  gratis di Barabai, yaitu Taman Siring dan Lapangan Dwi Warna dekat Vediotron  serta di atas pos jaga kediaman Bupati HST. Awalnya Wifi gratis ini di operasikan 24 jam, tetapi atas saran dan masukan dari tokoh masyarkaat, sehingga akhirnya dibatasi sampai pukul 22.00 Wita.
 “Kalau akses dibuka sampai pukul 22.00 ke atas, banyak orang yang begadang di tempat tersebut, terutama pelajar dan warga lainnya, sehingga dikwatirkan berdampak negatif,” terang Uspia.
Adapun kecepatan akses yang diberikan di taman tersebut 10 Mbps. “Kalau banyak yang mengakses, kecepatannya juga berkurang, kalau untuk browsing cukup saja, “kata Uspia. AdvHumHST