Amuntai — Kabupaten Hulu Sungai Utara berhasil meraih kesuksesan ganda pada Seleksi Tilawatil Qur’an Nasional (STQN) XIX tingkat Provinsi Kalimantan Selatan 2013. Selain sukses penyelenggaraan, para kafilah tuan rumah juga berhasil mempersembahkan gelar juara umum.
Ketua LPTQ HSU Drs H. Suharyanto MSi mengatakan pihaknya sangat bersyukur karena dapat mempersembahkan suatu kebanggaan bagi HSU. “Alhamdulillah kita berhasil dan dapat mempersembahkan sebuah kebanggaan bagi HSU yang sesuai dengan target kita,” katanya.
HSU keluar sebagai juara umum setelah berhasil meraih 49 poin. Posisi kedua ditempati oleh kontingen Kabupaten Banjar yang juga mengumpulkan 49 poin.
Selanjutnya urutan ketiga dalam lima besar juara diraih oleh Kotamadya Banjarmasin dengan perolehan 25 poin. Posisi keempat diraih oleh Kabupaten Tanah Bumbu dengan 21 poin dan disusul oleh Kabupaten HST di urutan kelima dengan 20 poin.
Selain meraih juara umum daerah, kafilah HSU juga merebut juara umum perorangan atas nama Nida Khairiyah. Ia berhasil meraih nilai 95,17 golongan dewasa. Pesaing terdekatnya adalah Hj Rauhah dari Kabupaten Banjar (91,67) dan Mila Aryanti dari Kabupaten HST (91,00).
Kabupaten HSU juga meraih gelar juara untuk kategori pameran dan bazaar, pawai ta’aruf, serta rebana. (Metro7/Ayie)