TANJUNG, metro7.co.id – Dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 tahun 2024 dan Safari Ramadan 1445, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah menggelar sunatan massal, pemberian paket sembako, dan bantuan untuk anak-anak, Senin (18/3/2024).

Setidaknya ada 50 anak yang mengikuti sunatan massal tersebut dan ada 100 orang dari masyarakat kecamatan Murung Pudak mengikuti pengobatan massal serta ada 250 sembako yang diberikan kepada warga yang membutuhkan.

Bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, adpun aksi sosial ini dipimpin langsung Ketua TP PKK Kalse, Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Provinsi Kalsel.

“Kegiatan ini adalah bentuk sinergitas antara tim PKK dengan dinas terkait,” ujar Acil Odah sapaan akrabnya.

Bantuan yang diberikan berupa paket untuk kader PKK, untuk tumbuh kembang anak dalam rangka mewujudkan Provinsi layak anak (Provila) dan program kabupaten kota layak anak (KLA), ditambah paket untuk peserta sunatan gratis berupa sarung, peci dan makanan ringan dan susu.

“Terima kasih atas dukungan dinas terkait dan Pemerintah Kabupaten Tabalong yang memfasilitasi kegiatan sehingga bisa terselenggara dengan lancar,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Acil Odah mengingatkan masyarakat Tabalong agar tetap waspada terhadap penyakit DBD, apalagi saat ini tengah musim hujan yang berpotensi meluasnya perkembangan biakan nyamuk, penyebab penyakit ini.

Pencegahan ujarnya dapat dilakukan dengan tindakan 3 M plus yakni Menguras tempat penampungan air, Menutup tempat-tempat penampungan air, dan Mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus DBD pada manusia.

“Diperiksa juga jika ada jentik di genangan air, dan melakukan tindakan pencegahan seperti pemberian bubuk abate pada bak mandi dan lainnya,” pesan istri Gubernur Kalsel ini.

Sementara, itu Penjabat Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah menyampaiakan rasa syukurnya atas terselenggaranya kegiatan sosial seperti sunatan massal, pasar murah, pengobatan massal dan pembagian sembak di Kabupaten Tabalong.

“Kami merasa sangat bersyukur atas terselenggaranya rangkaian kegiatan hasil kerjasama dari TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan dengan Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Dinas Sosial dan DPPPAKB Provinsi Kalimantan Selatan,” ungkapnya.*