TANJUNG, metro7.co.id – Sebanyak 40 orang petani andalan dan Petugas Lapang Pertanian Kabupaten Tabalong mengikuti bimbingan tehnik (bimtek) pengelolaan dan pelestarian sumber daya genitik (SDG) durian lokal.

Pelatihan bimtek dilaksanakan Selasa (09/03/2021) di Aula Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tabalong, dengan nara sumber dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banjar Baru.

Plt.Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Tabalong, Sarwoko mengatakan, untuk kegiatan sertifikasi buah lokal yang merupakan khas Tabalong dibawah pembinaan instruktur BPTP Banjar Baru. “Kedepannya buah-buah lokal kita yang menjadi khas Tabalong akan didaftarkan dengan di regestrasi, bahwa itu memang buah lokal dari Kabupaten Tabalong, yang nantinya dari Pemerintah Pusat melalui BPTP Banjar Baru memfasilitasinya,” katanya.

Terkait kegiatan bimtek SDG ini adalah memberikan pengetahuan teknis untuk pengembang biakan buah-buah lokal dimaksud, seperti buah durian dan macam-macam buah lainnya, seperti buah langsat, buah durian dan buah likol.

Bimbingan teknis bagi para petani andalan penanam buah supaya bisa buah bisa di kembang biakan lebih banyak lagi, sehingga tidak punah.

Selain itu para petani juga dilatih oleh petani andalan yang ditunjuk oleh BPTP Banjar Baru untuk melakukan okolasi dan sebagainya.

“Sehingga kedepan kita bisa mengembangkan lebih luas lagi, terutama tanaman buah-buah di Tabalong yang keunggulan komulatif,” imbuhnya. ***