TANJUNG – Sebanyak 4 orang anggota Kodim 1008/Tanjung turun langsung membantu proses pemakaman Warga yang meninggal dunia berinisial SSP (37) warga Kecamatan Murung Pudak di TPU Bangun Sari Belimbing Raya, Rabu (27/5/2020).

Pemakaman dilaksanakan oleh petugas gabungan dari Tim Kesehatan RSUD Badaruddin Kasim bersama dengan anggota Kodim 1008/Tanjung, yakni dengan menggunakan prosedur pemakaman penanganan Covid-19.

Dimana setiap masyarakat yang meninggal dengan status PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dilakukan dengan prosedur pemakaman khusus, meskipun belum terkonfirmasi positif. Selama proses pemakaman dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Peltu M. Prayogo mengatakan dirinya bersama dengan anggota yang terlibat pemakaman Warga yang Meninggal Dunia menggunakan Protokol Covid-19 merupakan permintaan dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tabalong dan sebagai bentuk wujud kepedulian kemanusiaan.

Selanjutnya dirinya mengatakan perlu kesiapan dan diri untuk melaksanakan pemakaman dengan menggunakan Protokol Covid-19, karena mengangkat dan memasukkan jenazah ke liang lahat dilaksanakan dengan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) yang dilengkapi dengan masker, sarung tangan, pelindung wajah dan sepatu boot.

“Tentunya kami lebih terasa panas, dan sesak dikarenakan oksigen yang masuk agak kurang,” katanya.

Namun dirinya bersama anggota lain yang terlibat tetap semangat dalam melaksanakan tugas tersebut seraya berharap pandemi Covid-19 ini segera berlalu.

Sementara dihubungi secara terpisah Dandim 1008/Tanjung mengatakan bahwa personil Kodim yang ikut membantu proses pemakaman tersebut sebelumnya sudah mendapatkan pelatihan dari Dinkes tentang tata cara pemakaman yang dimaksud.

“Saya pastikan bahwa Kodim 1008 Tanjung yang tergabung dalam gugus tugas percepatan penanganan Covid 19, akan berusaha maksimal bersama pemerintah Tabalong dalam rangka memutus rantai covid 19 di wilayah Tabalong ini,” ujarnya. (metro7/rel/via)