Metro7.co.id, Tanjung – Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong mengelar acara Rencana Tindak Lanjut (RTL) kegiatan penerapan pengendalian hama terpadu.

Acara dalam rangka mendukung gerakan tanam padi periode Oktober-maret 2017/2018 dan pengendalian hama tikus pra tanam ini, berlangsung di desa Masingai Dua Kecamatan Upau, Rabu (27/12/2017).

Acara yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Tabalong, H Johan Noor Effendi, Camat Upau, Kepada Desa Masingai II dan kelompok Rukun Tani Sentosa ini, diisi dengan acara selamatan sebelum tanam padi, peletakan rumah burung hantu yang nantinya diharapkan bisa sebagai pembasmi tikus yang ada dilahan pertanian dan pembuatan pembasmi awal disekitar lahan pertanian mengunakan petsisida yang dicampur dengan beras.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong H. Johan Noor Effendi mengatakan, kegiatan ini tindak lanjut penerapan sekolah pengendalian hama terpadu. Salah satunya, dengan didirikanya rumah singah burung hantu dengan jumlah lima buah.

“Rumah singgah burung hantu ini agar bisa bersarang agar bisa membantu para petani dalam pengendalian hama tikus, dengan harapan untuk kelompok tani yang lain yang ada di Kabupaten Tabalong bisa mengikuti contoh petani apa yang dilakukan rukun tani sentosa selain ramah linkungan juga murah biayanya,” bebernya.

Dalam acara tersebut, juga turut dilakukan pembayaran klaim asuransi pertanian yang bekerjasama dengan Jasindo AUTP kepada Kelompok tani sentosa Desa Masingai seluas 1,85 HA sebesar Rp.11.100.000. (Metro7/MC Tabalong/Mona)