TANJUNG – Pembukaan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) untuk angkatan pertama Tahun Anggaran 2019 yang dilaksanakan Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong, dibuka secara resmi oleh Bupati H.Anang Syakhfiani, Senin tadi di Aula BLK Tanjung.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong H.Syaiful Ikhwan mengatakan program PBK tahun ini untuk angkatan pertama dengan jumlah peserta sebanyak 176 orang siswa dengan 11 jurusan.

Sebagaima tujuan diselenggarakan program PBK adalah untuk meningkan kemampuan kualitas kompetensi SDM, dengan memberikan pelatihan keterampilan kerja bagi warga masyarakat calon tenaga kerja yang membutuhkan keterampilan dan keahlian sebagai bekal untuk bekerja, maupun berwira usaha.

Selain itu juga untuk memberikan kemampuan keahlian teknis atau wawasan ketenaga kerjaan, etika, motivasi, disiplin atau sub skill, ysitu kemampuan enter personal.

Disamping itu untuk tahun ini BLK Tanjung mendapat kouta atau undangan bagi 12 orang siswa boarding untuk berkesempatan mengikuti pelatihan di Balai Besar Pengembangan Pelatihan Kerja Bandung, selama satu bulan.

Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani dalam sambutannya mengatakan, selama ini orang berpandangan bahwa, manusia sebagai sumber daya atau human as a resource, jadi manusia dipandang hanya sebagai sumber daya saja.

“Oleh karena itu istilah human as a resource harus kita tinggalkan dengan melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia, baik melalui pelatihan-pelatihan keterampilan, karena diera milenial sekarang ini yang dibutuhkan dunia kerja adalah manusia,” katanya.

Sebagai modal atau kapital, atau manusia yang mempunyai keterampilan, keahlian, kemampuan, dan ini menjadi ciri utama dari apa yang dimaksud dengan generasi milenial.

Dengan keterampilan, keahlian, kemampuan sumberdaya manusia yang terbaik diharapkan putra putri Tabalong, bisa bekerja dikelas tengah bukan dikelas bawah. (metro7/via).