TANJUNG – Tim Restorasi Gambut Provinsi Kalimantan Selatan melakukan sosialisasi rencana kegiatan di Wilayah Kabupaten Tabalong pada Senin tadi, bertempat di Aula Hotel Aston Mabuun Tanjung.

Sosialisasi yang melibat SKPD terkait turut dihadiri Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani yang sekaligus memberikan arahan dan membuka secara resmi kegiatan sosialisasi.

Rencana kegiatan restorasi gambut di Kabupaten Tabalong difokuskan pada Wilayah Selatan yaitu di Desa Bangkiling dan Desa Bangkiling Raya Kecamatan Banua Lawas.

Ketua Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD) Provinsi Kalimantan Selatan, Saut Nathan Samosir mengatakan restorasi gambut yang akan dilaksanakan di Kecamatan Banua Lawas adalah renana pembuatan skat kanal salah satu restorasi lahan gambut di Tabalong.

“Ada tujuh titik rencana lokasi sekat kanal yang akan kita buat di Kecamatan Banua Lawas tahun ini yaitu di Desa Bangkiling 3 titik dan Desa Bangkiling Raya 4 titik,” katanya.

Adapun pembuatan skat kanal dimaksudkan untuk menaikan daya simpan air pada badan kanal guna mencegah terjadinya penurunan permukaan air dilahan gambut.

Selain itu tambahnya, tim restorasi juga membuat sebanyak 23 sumur bor di Desa Hapalah Kecamatan Banua Lawas, 23 sumur bor tersebut merupakan bagian dari 354 sumur bor di Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

Termasuk juga revitalisasi sosial ekonomi mengikuti Desa terdampak kegiatan fisik sumur bor dan sekat kanal, juga di Desa Hapalah berupa pembuatan bioflok ikan betok atau papuyu.

Sementara itu Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani menyatakan sangat mendukung terhadap tim restorasi gambut provinsi, dalam upaya mengoptimalkan lahan lebak khususnya di Wilayah Selatan Tabalong.

“Ada sekitar 5 ribuan hektare lahan lebak yang kami miliki diwilayah selatan yang perlu dioptimalkan agar bisa jadi lahan pertanian produktif,” terang Bupati Anang Syakhfiani.

Bupati juga berharap tim restorasi bisa mendukung program optimalisasi lahan lebak yang ada di Tabalong, khususnya di Desa Ampukung Kecamatan Kelua yang setiap musim hujan lahan tersebut mengalami banjir dan tidak bisa dimanfaatkan oleh petani. (metro7/via).