TANJUNG, metro7.co.id – Peringatan Hari Kartini Ke-145 Tahun 2024 di Tabalong usung tema meneladani Sikap Kartini Untuk Perempuan Indonesia Yang Lebih Maju dilaksanakan di Aula Pendopo Bersinar Pembataan, Senin (29/4).

Hadir dalam acara tersebut seluruh Ketua TP PKK Kabupaten Tabalong, TP PKK Kecamatan, Ketua Organisasi Wanita dan para ibu lansia di Tabalong.

Kepala DP3AP2KB Tabalong, H Rusmadi menyampaikan, kegiatan Peringatan Hari Kartini adalah merupakan agenda rutin tahunan untuk mengenang Pahlawan Perempuan RA Kartini juga sebagai momentum dalam memotivasi kaum perempuan untuk meningkatkan perannya dalam pembangunan khususnya di Kabupaten Tabalong.

Ketua DPRD Tabalong, H Mustafa serahkan tali asih bagi lansia perempuan. (Foto/Hivianor)

Sementara itu Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah mengatakan, RA Kartini yang menginisiasi langkah-langkah strategis guna memastikan perempuan mendapat hak yang sama rata dengan kaum laki-laki.

“Memang tidaklah mudah, namun RA Kartini tidak menyerah, bersama pengalaman dan wawasannya yang luas ia selalu memikirkan kemajuan yang setara bagi perempuan Indonesia,”ujar Hamida.

Dihari Kartini Tahun 2024 ini, lanjutnya, kita dapat merenungkan bagaimana nilai-nilai yang dirajut RA Kartini pada dewasa ini ditengah-tengah kemajuan teknologi transformasi digital, perempuan Indonesia semakin berprestasi dalam berbagai bidang seperti bisnis, ilmu pengetahuan, seni, politik dan masih banyak lagi.

Pada kesempatan kali ini, Pemerintah Kabupaten Tabalong juga memberikan penghargaan bagi perempuan berjasa dan berprestasi di Tabalong, yaitu untuk bidang kesehatan diberikan kepada Asiah bidan PTT pada desa terpencil dan perbatasan desa Hegar Manah Kecamatan Bintang Ara, dan bidang pendidikan kepada Siti Fatimah dari Jika Maka Tabalong juga penyerahan tali asih bagi puluhan lansia perempuan di 12 Kecamatan.