TANJUNG – Keluarga Ratina Misdaiyah (20) atau Tina, penderita tumor ganas di bagian wajah dapat sedikit lega. Pasalnya, Yayasan Duta Abulyatama Indonesia (DAI) Cabang Tabalong yang menginisiasi pengumpulan dana melalui program Gerakan Jumat Berkah (GJB) kini sudah terkumpul sekitar Rp65 juta.

“Alhamdulillah, kini kami sudah mencatat donasi masyarakat buat Tina sudah mencapai angka Rp 65 juta, baik yang lewat transfer atau cash,” ujar Koordinator GJB DAI, Erlina Effendi Ilas, Jumat (17/5) di RSUD Badarauddin seusai melakukan pertemuan dengan manajemen dan dokter yang merawat Tina.

Menurut Erlina, Tina masih membutuhkan donasi sehubungan persiapan rujukan lanjutan hingga dilakukannya tindakan medis yakni operasi.

Direncanakan selepas lebaran Tina akan dirujuk ke RSUD Ulin Banjarmasin. Dan nanti akan dilakukan evaluasi dan penanganan medis di sana. Tetapi ada kemungkinan akan kembali dirujuk ke Jawa.

“Kalau melihat riwayat perawatan Tina, pernah akan dirujuk ke Jawa. Hanya karena terbentur biaya tekhnis dan operasional yang tidak sebentar ketika ke Jawa, Tina akhirnya dirawat di rumah,” jelas Erlina yang juga Koordinator Forum Lintas Relawan Tabalong ini.

Kini Tina sudah diperbolehkan pulang dari RSUD Badaruddin Tanjung, Tabalong setelah sebelumnya sempat opname karena Hb darahnya menurun. Setelah dirawat beberapa hari kondisi Hb nya kembali normal. Tina juga diberikan surat rujukan ke RSUD Ulin Banjarmasin. RSUD Badaruddin tidak memungut apapun dari perawatan Tina, karena sudah tercover oleh BPJS.

“Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan kebaikan hati masyarakat. Mudah-mudahan kami dapat melanjutkan rujukan dokter,” ujar Ibu Tina ketika tim GJB DAI mengantar pulang dari RSUD Badarudin. (Metro7/ris)