TANJUNG – Satgas TNI dan warga direncanakan bakal menanam 1200 bibit tanaman di lokasi TMMD 140 di Ribang Desa Hayup Kecamatan Haruai.

1200 bibit tanaman tersebut sebagai bentuk partisipasi Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan melalui UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tabalong dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan TMMD.

Sumbangkan 1200 bibit tanaman untuk TMMD terdiri 500 bibit Trambesi, 500 bibit Mahoni, dan 200 bibit Bunga Tanjung.

Kepala UPT KPH Tabalong Heriyadi mengatakan disamping untuk mensukseskan pelaksanaan TMMD, juga untuk mendukung Program yang telah dicanangkan oleh Gubernur Kalimantan Selatan sejak tahun 2017 lalu, yaitu Program revolosi hijau.

“Jadi kami dari UPT KPH Tabalong ingin terus menggelorakan gerakan program revolosi hijau ini, dan kebetulan tahun ini di wilayah Tabalong dilaksanakan kegiatan TMMD Ke-104 di Desa Hayup,” katanya.

Pihaknya sebelumnya melakukan penjajakan kepada pihak Kodim 1008 Tanjung untuk bekerjasama melakukan penanaman pohon dilingkungan Desa Hayup, dan mendapat sambutan baik, sehingga dapat menyumbangkan 1200 bibit tanaman yang akan ditanam bersama dengan masyarakat dan mahasiswa hari Jum,at mendatang.

Penanaman 1.200 bibit tanaman akan dilakukan disepanjang kanan kiri jalan Desa Hayup-Ribang 2.

Heriyadi berharap dengan dilaksanakan penanaman pohon sebagai gerakan program revolosi hijau disepanjang jalan yang dibuat melalui kegiatan TMMD bisa menggugah kesadaran masyarakat untuk selanjutnya menanam pohon.

“Apalagi sekarang kami memprogramkan gerakan penanaman pohon sengon yang diharapkan menunjang gerakan revolosi hijau. Kami juga sudah menyediakan bibit tanaman gratis, maka bagi yang memerlukan bibit tanaman, kami siap memenuhinya,” katanya lagi. (metro7/via).