TANJUNG – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Tabalong H.Zony Alfianoor membuka secara resmi Pasar Ramadhan tahun 2018 dilokasi lantai bawah bangunan Pasar Kuliner Barunak Tanjung.

Plt.Bupati Tabalong yang juga didampingi Pelaksana tugas Ketua TP.PKK Hj.Nur Aina dan Kepala Dinas Pemuda Olah raga dan Pariwisata Zain Ramali, seusai membuka pasar Ramadhan, langsung meninjau keberadaan para pedagang tradisional tahunan yang menjual beraneka macam kuliner atau takjil menjelang buka puasa.

Turut hadir Asisten bidang ekonomi dan pembangunan Hj,Hamida Munawarah, staf ahli bidang pembangunan dan keuangan H.M. Aberani Aberar , unsur Forkopinda dan beberapa Kepala SKPD terkait.

Ketua Panitia Pelaksana Pengelola Pasar Ramadhan tahun 2018 Nugroho Priyadi mengatakan terlaksananya pasar Ramadhan tahun ini atas dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Tabalong melakui Dinas Pemuda Olah raga dan Pariwisata serta tidak terlepas juga dukungan dari para pedagang.

Ada sebanyak 120 tempat gratis yang kita sediakan untuk para pedagang. Semua itu atas dukungan Pemerintah Daerah, sehingga semua pedagang bisa maksimal menempatinya,” katanya.Atas nama panitia pengelola pasar dan para pedagang Nugroho Priyadi juga menyampaikan ucapan terimakash kepada Pemerintah Daerah Kabapaten Tabalong, atas segala bentuk dukungannya, sehingga pasar Ramadhan dilokasi Pasar Kuliner Barunak ini mungkin yang terbaik dari sekian pasar Ramadhan yang ada di Tabalong.

Ia juga berharap atas nama para pedagang agar lokasi pasar kuliner barunak dilantai satu ini bisa dijadikan pasar Ramadhan setiap tahunnya.

Sementara Plt.Bupati Tabalong H.Zony Afianoor dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi pasar Ramadhan tahun 2018 dilokasi pasar kuliner Barunak Tanjung mengatakan pusat pasar Kuliner yang baru selesai dibangun merupakan untuk yang pertama kalinya dipergunakan, dan diharap tempat ini nantinya sebagaimana harapan panitia dan para pedagang bisa betul-betul menjadi pasar pusat kuliner termeriah di Tanjung.

“Pasar Ramadhan yang biasa juga disebut masyarakat Tabalong sebagai pasar wadai, merupakan tradisi tahunan, yang mana tidak saja menjual wadai atau kuliner khas Tanjung, tetapi juga Insya Allah akan menjadi perwakilan dua belas kecamatan yang ada di Tabalong,” katanya.

Diharapkannya juga keberadaan pasar wadai ini tidak saja nanti sebagai ajang untuk para pedagang menjual barang dagangannya. Namun diharapkan kedepannya bisa menjadi pusat pasar kuliner, sekaligus menjadi gaya tarik buat para pengunjung, baik wisatawan domestik yang datang dari daerah lain atau dari Kabupaten tetangga dan bahkan pengunjung dari luar begeri atau orang-orang asing.

Keberadaan pusat pasar kuliner Barunak ini tidak terlepas dari konstribusi semua pihak termasuk juga mitra Pemerintah Kabupaten Tabalong, yatu PT Adaro Indonesia bersama mitra usahanya, yang selalu mendampingi Pemerintah Daerah dalam setiap melaksanakan pembangunan, juga mitra perbankan terutama Bank Kal Sel. (metro7/via).