TANJUNG – Selama tiga hari berturut-turut paska banjir Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani melakukan peninjauan ke desa-desa yang terdapak akibat banjir.

Hari ini Rabu (12/2/2020) giliran Desa Tamunti dan Desa Jirak di Kecamatan Pugaan ditinjau Bupati.

Kedatangan orang nomor satu di Bumi berjuluk Saraba Kawa ini diikuti sejumlah unsur Forkopimda dan beberapa Kepala SKPD terkait.

Dalam Sambutannya Bupati H Anang Syakhfiani dihadapan warga mengatakan pihaknya sengaja datang ke Desa Tamunti bersama unsur Forkopimda dengan tujuan yang pertama untuk melihat langsung dampak dari banjir yang terjadi.

“Saya bersama dengan unsur Forkopimda menyatakan ikut prihatin atas bencana banjir ini, tetapi sudah saatnya kita tidak lagi mengatakan bahwa ini siklus 10 tahun, karena kalau kita katakan banjir ini adalah siklus 10 tahun berarti nanti pada tahun 2030 akan terjadi lagi banjir serupa, kalau kita semua sepakat tidak lagi mengatakan ini siklus 10 tahun mari kita bersama-sama berikhtiar dan berupaya agar banjir besar itu tidak terjadi lagi,” ajak Bupati Anang.

Sementara dihadapan warga masyarakat Desa Jirak, Bupati Anang mengatakan hal yang sama, dimana pihaknya sengaja datang untuk melihat secara langsung akibat banjir yang terjadi beberapa hari yang lalu.

“Bencana banjir ini mari kita ambil hikmahnya saja, paling tidak kita harus sadari bahwa ini sebuah peringatan dari Allah SWT kepada kita semua,” katanya lagi.

Dalam peninjauan di dua desa ini Bupati Anang menyerahkan bantuan sejumlah sembako dan untuk Desa Tamunti dilakukan penyerahan secara simbolis puluhan sarana prasarana untuk menunjang kegiatan petani nelayan berupa alat tangkap ikan yaitu, untuk Kelompok Sumber Karya Desa Tamunti sebanyak 10 buah perahu bermotor, 10 set renggi, 13 buah lampu senter.

Lalu Kelompok Sumber Manatap Desa Tamunti berupa, 10 buah perahu bermotor, 10 set renggi dan 13 buah lampu senter.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tabalong H Muhammad Mugeni mengatakan bahwa semua bantuan untuk para petani nelayan adalah program Bupati Tabalong Tahun 2019 sebagai upaya untuk memperhatikan para nelayan tangkap perairan umum.

Sehingga pada tahun 2019 lalu melalui Dinas Perikanan, Bupati Tabalong telah menyetujui untuk pengadaan perahu bermotor plus alat tangkap sebanyak 69 buah di Wilayah Kabupaten Tabalong yang dibagikan kepada para kelompok nelayan di Desa Tamunti Kecamatan Pugaan, Kelompok nelayan di Kecamatan Banua Lawas, Kelompok Pokmaswas
di Desa Madang Kecamatan Muara Harus. (metro7/via).