TANJUNG, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten Tabalong melaksanakan puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Lansia Ke 26 Tingkat Kabupaten Tabalong Tahun 2021, Rabu (30/06/2021) di Aula Pendopo Bersinar Pembataan Tanjung.

Pada kegiatan ini juga dirangkai dengan kegiatan Vaksinasi Covid-19 bagi para lansia, selain itu juga dilaksanakan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba senam lansia virtual Tingkat Kabupaten Tabalong Tahun 2021.

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani dalam sambutan tertulisnya mengatakan, peringatan hari lanjut usia pada hakekatnya adalah momentum bagi kita semua untuk senantiasa memperhatikan keberadaan para lanjut usia (lansia), baik terkait kehidupan sehari-harinya, kondisi kesehatannya, kesejahteraannya maupun kebutuhan psikologisnya.

Lansia merupakan salah satu kelompok atau populasi berisiko (population at risk) yang semakin meningkat jumlahnya.

Lansia indentik dengan berbagai penurunan status kesehatan terutama status kesehatan fisik.
Kondisi seperti itu sangat berpengaruh dalam masa pandemi Covid-19 saat ini.

Orang lanjut usia atau lansia menjadi salah satu kelompok yang wajib mendapat mendapat perhatian lebih dimasa pandemi Covid-19, terlebih jika memiliki penyakit lain seperti paru-paru dan jantung, status kesehatan lansia yang menurun seiring dengan bertambahnya usia akan mempengaruhi kualitas hidup lansia.

Bupati menyebutkan berdasarkan data yang dihimpun presentase lansia yang terdampak Covid-19 di Indonesia yakni sebesar 13,8 persen lansia positif 11,7 persen dirawat/diisolasi 12,5 persen sembuh, dan sebesar 43,7 persen meninggal.
Meski dari jumlah pasien positif dan dirawat/diisolasi, namun jumlah kematiannya merupakan yang tertinggi dibandingkan kelompok usia lainnya, yaitu mencapai 43,7 persen itu artinya lansia sangat rentan terdampak dimasa pandemi ini.

Oleh karena itu harus mengedukasi masyarakat, keluarga dan lansia agar selalu mematuhi protokol kesehatan untuk melindungi lansia dari tertular Covid-19, termasuk melindungi diri dengan mengikuti vaksinasi yang saat ini dilaksanakan oleh pemerintah secara gratis.

“Kepada instansi terkait dan stake holder lainnya agar bisa lebih intens lagi menyelenggarakan kegiatan positif yang berkaitan dengan penduduk lansia di Kabupaten Tabalong, sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan mereka baik melalui tindakan prefentif maupun kuratif,” katanya.

Bupati berharap melalui kegiatan HUT lansia Tingkat Kabupaten Tabalong ini, kembali menyadarkan semua bahwa kaum lansia merupakan warga negara dan manusia yang memiliki hak yang sama untuk sejahtera, disayangi dan diperhatikan.

Hadir pada kegiatan ini Ketua TP PKK Kabupaten Tabalong, Hj.Syarifah Syifa Anang Syakhfiani, para Ketua TP PKK Kecamatan, Kepala Dinas PMPD, Arianto, Kepala Dinas Kesehatan, H Taufiqurrahman Hamdie, Kepala Dinas Sosial, Abu Bakar Sidik, dan sejumlah undangan lainnya.