TANJUNG – Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Kabupaten Tabalong menggelar Sosialisasi Pengawasan Pertisipatif Demi Mewujudkan Netralitas Media Massa pada Pemilu Akan DPR, DPD, DPRD, Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 di Gedung Pusat Informasi, Senin (17/12)

Sosialisasi dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas Pemilu 2019 mendatang.

Sosialisasi tersebut menghadirkan nara sumber dari Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan, juga PWI Kalsel, serta pihak Kejaksaan dan Polres Tabalong.

Selain puluhan awak media baik cetak, online, radio maupun televisi di Tabalong, juga para pemilih pemula seperti mahasiswa serta anggota pramuka juga tampak menghadiri acara sosialisasi tersebut.

Sosialisasi kepada media massa ini menjadi salah satu tahapan yang harus dilaksanakan oleh Banwaslu di semua tingkatan mulai dari provinsi sampai kabupaten/kota.

Pasalnya, media massa akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan pemilu kaitannya dengan pemberian informasi ke publik.

Artinya, media massa harus menjaga netralitas penyampaian informasi terkait partai politik peserta Pemilu.

Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie mengatakan peran pers menjadi bagian yang meluruskan dan mengawal pemilu secara adil, independent, serta terbebas dari segala kepentingan kontestan Pemilu.

“Peranan pers selain turut melakukan pengawasan partisipatif, juga saya nilai merupakan salah satu media informasi paling terpercaya dalam menangkal isu atau berita hoax dalam pemilu,” katanya. (metro7)