TANJUNG – Pemerintahan Kabupaten Tabalong melakukan kerja sama pendidikan, dengan meneken Memorandum of Understanding (Mou) dengan PT Conch Cement Grup bersama Nanjing Polytechnic Institute China.

Penandatanganan kerjasama beasiswa itu diikuti oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong diwakili oleh Wakil Bupati H Mawardi.

H Mawardi hadir dengan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, Akhmad Rizali Noor dan beberapa pejabat daerah lainnya.

Dari pihak perusahaan, Pimpinan Conch Grup, Ke Qiubi bersama Direktur PT Conch International Trade Indonesia, Wang Haiqing, Asisten Direktur PT Conch International Trade Indonesia, sekaligus Penerjemah Percakapan, Tony. Juga, Wakil Rektor Nanjing Polytechnic Institute, Shen Guoliang, Dosen Bahasa Asing Nanjing Polytechnic Institute, Guo Ye.

Selain itu, utusan perusahaan dari wilayah Kalimantan, Papua dan Jakarta juga hadir. Ada juga partner Nanjing Polytechnic Institute China di Indonesia, Ibu Dewi.

Penandatanganan MoU, dilakukan oleh Deputy Secretary of Nanjing Polytechnic Institute China (Wakil Rektor), Shen Guo Liang dengan Pemerintah Kabupaten Tabalong.

Direktur PT Conch International Trade Indonesia, Wang Haiqing menyampaikan, pihaknya memberikan beasiswa kepada putra-putri Indonesia, yang nantinya akan bekerja di perusahaan-perusahaan China, seperti di PT Cronch Cement Grup yang berada di beberapa wilayah di Indonesia.

Hal ini sejalan dengan visi perusahaan yang diwajibkan melakukan dan memberikan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat setempat.

“Hal itu juga seiring dengan permintaan pemerintah Indonesia, yang pernah disampaikan Pak Luhut Binsar Panjaitan, agar mengutamakan tenaga kerja lokal untuk bekerja di perusahaan-perusahaan China yang ada di Indonesia,” tutur Wang Haiqing.

Wakil Bupati Tabalong, HMawardi yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, Akhmad Rizali Noor, beserta petinggi Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong Sutimbul, menyampaikan, pihaknya setuju melakukan kerjasama itu.

“Jangan sampai overlapping program beasiswa ini. Jadi tahun 2019 ini, sebanyak 30 pelajar dari Tabalong akan kami rekrut untuk mengikuti pendidikan di Nanjing Polytechnic Institute China. Berikutnya, ke depan, mungkin akan naik mencapai 100 orang yang akan diberikan beasiswa dan berangkat ke Nanjing,” tutur Mawardi.

Saat ini, pola kerja sama yang tercipta dengan PT Conch, Pemerintah Kabupaten Tabalong hanya memfasilitasi rekrutmen dan juga membantu warga yang melanjutkan pendidikannya di Nanjing dengan mengurusi hal-hal teknis dan kebutuhan-kebutuhan kecil.

“Beasiswa sebesar 90 persen biaya ditanggung PT Conch. Kita hanya urus yang kecil-kecil saja. Seperti menyediakan lap top untuk alat belajar mereka disana,’ ujar Mawardi.

Dia berharap, ke depan, program beasiswa dan kerja sama pendidikan juga bisa dilakukan dari mulai pelajar Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Bisa berupa pelatihan-pelatihan pendidikan, bantuan belajar siswa untuk tingkat SD dan SMP. Itu ke depannya,” ujarnya.

Jika tahap pertama ini sudah lancar, harap dia lagi, para pelajar Tabalong yang akan belajar ke China, hendaknya dibiayai full, 100 persen.

“Ke depan, Insya Allah akan full, seratus persen,” ujar Mawardi.

Sementara itu, Human Resources and General Affairs (HR & GA Department) PT Conch International Trade Indonesia, Shella Kartika menyampaikan, Nota Kesepahamanan ini ditandatangani antara Conch Cement, Nanjing Polytechnic Institute China serta Pemerintah Kabupaten Tabalong.

Ada dua kampus yang seharusnya ikut dan Tiga Pemerintahan Kabupaten dari Indonesia, yakni Kabupaten Tabalong, Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Manokwari.

Namun yang hadir hanya dari Nanjing Polytechnic Institute China dan dua Kabupaten, Tabalong dan Manokwari.

“Yang berisi tentang pemberian beasiswa kepada pelajar Indonesia untuk menuntut ilmu di Universitas China, serta memberikan kesempatan magang dan bekerja di PT Conch International Trade Indonesia. Kegiatan ini merupakan bentuk Corporate Social Responsibility dari PT Conch,” ujar Shella Kartika. (metro7/via/rel)