TANJUNG, metro7.co.id – Pertemuan Forum Ketenagakerjaan Kabupaten Tabalong dilaksanakan, Selasa (21/2), di Aula Pendopo Bersinar Pembataan Tanjung.

Forum ketenagakerjaan melibatkan jajaran Pemerintah Kabupaten Tabalong, unsur Forkopimda dan segenap pihak perusahaan swasta dan BUMN yang ada.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong, Herwandi menyampaikan, tercatat 414 perusahaan yang ada di Kabupaten Tabalong dari berbagai sektor yang mempekerjakan pekerja ekonomi sebanyak 14 ribu tenaga kerja.

Jumlah perusahaan yang begitu besar tentunya memiliki potensi lowongan pekerjaan yang cukup besar pula dan membutuhkan pekerja yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan perusahaan.

Pada tahun 2022 jumlah pencari kerja yang terdaftar di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong berjumlah 3.710 orang, sementara jumlah lowongan pekerjaan yang ada hanya 1.102 orang dan diisi yang lain jumlah pencatatan perjanjian kerja waktu tertentu Tahun 2022 sebanyak 4.203 orang yang didominasi oleh perusahaan di sektor tambang yakni sebanyak 3.395 orang.

Dari ribuan data ini menunjukan bahwa potensi lowongan pekerjaan pada perusahaan yang ada di Kabupaten Tabalong cukup besar, namun tidak semua putra putri Tabalong bisa turut andil di dalamnya, karena memang syarat utamanya untuk turut berkompetensi dalam pasaran kerja saat ini adalah keharusan memiliki kompetensi dan pengalaman yang net dan berkesesuaian dengan apa yang menjadi kebutuhan perusahaan.

“Oleh karena itulah untuk terciptanya line and net antara Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Tenaga Kerja selaku pemangku kewajiban dalam mendorong terhubungnya antara pencari kerja dengan pemberi kerja dan dalam hal ini pelaku dunia usaha,” jelasnya.

“Maka perlunya diadakan dialog untuk saling bertukar informasi satu dengan yang lain melalui sebuah forum khusus yang diberi nama Forum Ketenagakerjaan Kabupaten Tabalong, dan karena itu juga pokok bahasan dalam forum ketenagakerjaan Kabupaten Tabalong kali ini adalah sinergitas Pemerintah Kabupaten Tabalong bersama pelaku dunia usaha dalam yameningkatkan kompetensi tenaga kerja Kabupaten Tabalong melalui kerjasama pelatihan dan pemagangan yang berorientasi pada tenaga kerja yang terdidik, terlatih dan siap kerja serta profesional,” tambahnya.

Head Manager PT Adaro Indonesia, Sakha Abiadji dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Bupati Tabalong yang telah memberikan kesempatan kepada PT Adaro Indonesia untuk melakukan pengaturan sesi diskusi bersama antara jajaran Pimpinan Pemerintahan Kabupaten Tabalong beserta para pelaku dunia usaha yang hadir pada kesempatan ini.

“Inisiasi untuk melakukan kegiatan ini dimulai ketika kami melaksanakan silaturahmi ke Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong beberapa waktu lalu,” katanya.

Ia menyambut baik kegiatan ini, bahwasanya kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk masyarakat Tabalong secara luas, sehingga dapat berdiskusi bersama dengan tema atau topik bahasan.

“Yaitu terkait dengan sinergitas Pemerintah Kabupaten Tabalong bersama pelaku dunia usaha dalam meningkatkan kompetensi tenaga kerja Kabupaten Tabalong melalui kerjasama pelatihan dan pemagangan yang berorientasi pada tenaga kerja yang terdidik, terlatih dan siap kerja serta profesional,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani dalam sambutannya menyatakan apresiasi atas diaktifkan kembali forum ketenagakerjaan ini setelah beberapa tahun tidak aktif.