TANJUNG, metro7.co.id – Untuk meningkatkan kesiagaan dalam menghadapi bencana, Polres Tabalong, Kodim 1008 Tanjung dan Pemerintah Kabupaten Tabalong serta pihak terkait melaksanakan apel siaga bersama bertempat di halaman Pendopo Bersinar Kabupaten Tabalong, Jum’at (13/11).

Apel siaga bersama tersebut dalam rangka kesiapan penanganan bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung di Kabupaten Tabalong.

Apel dipimpin oleh Bupati Tabalong Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si didampingi Kapolres Tabalong AKBP M. Muchdori, S.I.K., CfrA yang diwakili Waka Polres Tabalong Kompol Iwan Wahyu Purnomo, ST, M.Si dan Dandim 1008 Tanjung yang diwakili Kapten Inf. Dwi Prayitno Pasi Ops Kodim 1008 Tanjung.

Apel gabungan diikuti oleh Den POM Persiapan Tanjung, Kodim 1008 Tanjung, Polres Tabalong, Sat Pol PP Kabupaten Tabalong, Dishub Kabupaten Tabalong, Personil Basarnas Kabupaten Tabalong, BNPB Kabupaten Tabalong, Dinas Sosial atau Unit Siaga Bencana Kabupaten Tabalong serta Damkar Se kabupaten Tabalong.

Dalam sambutannya Bupati Tabalong mengatakan dengan apel siaga gabungan diharapkan dapat meminimalisir kerugian d yang ditimbulkan akibat bencana baik korban jiwa maupun korban lainnya.

“Dengan apel ini kita semakin siap, karena bencana bisa datang kapan saja dan dimana saja baik siang ataupun malam, pagi maupun petang,” kata Bupati.

Ia juga meminta kepada para camat, lanjut Anang, bersama kapolsek dan danramil agar selalu mengupdate peta rawan bencana, menyiapkan jalur evakuasi dan titik kumpul evakuasi yang ada di wilayah kerjanya masing-masing serta memberikan edukasi mitigasi bencana kepada masyarakat yang berada di zona rawan bencana.

Selesai Apel, Bupati Tabalong didampingi oleh Waka Polres Tabalong dan Pasi Ops Kodim 1008 Tanjung meninjau kesiapan sarana prasarana tanggap bencana Kabupaten Tabalong. *