TANJUNG, metro7.co.id – Bertempat di Gedung Pusat Informasi Pembangunan Jalan Penghulu Rasyid Tanjung, Selasa (16/03/2021) dilaksanakan Forum Lintas SKPD dalam rangka penyusunan Rencana kerja Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD) Kabupaten Tabalong Tahun 2022.

Kegiatan yang diikuti semua Kepala SKPD dan Camat di jajaran Pemerintah Kabupaten Tabalong dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Setda Tabalong, H Rahmadi Amir, dengan nara sumber Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Tabalong, H Erwan Mardani dan Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tabalong, Zainal Arifin. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, Mahdi Noor, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, H Taufiqurrahman Hamdie, dan dari Bappeda.

Asisten Administrasi Umum Setda Tabalong, H Rahmadi Amir dalam arahannya berharap kegiatan penyusunan RKPD tahun 2022 ini bisa diikuti dengan baik, sehingga kekurangan-kekurangan pada pembuatan dokumen RKPD setidaknya bisa diminimalisir dan nantinya juga bisa lebih memfokuskan pada tema yang tentukan pada forum lintas SKPD ini.

“Semua ini kita lakukan adalah untuk kesempurnaan RKPD tahun 2022, ” katanya.

Kepala BPPRD Kabupaten Tabalong, H Erwan Mardani pada bagian paparan materinya menekankan kepada beberapa SKPD agar melakukan peningkatan pelayanan guna meningkatkan pendapatan daerah melalui sektor terkait masing-masing SKPD, seperti pelayanan sektor persampahan yang dikelola dinas lingkungan hidup dengan membangun kerja sama dengan para Lurah dan Camat supaya bisa meningkatkan pendapatan melalui retribusi persampahan.

Kemudian dinas perhubungan harus berupaya meningkatkan pendapatan melalui retribusi parkir yang ada di pasar-pasar, sehingga semua sumber pendapatan dari berbagai sektor bisa digarap secara maksimal.

“Termasuk retribusi pasar, retribusi IMB harus diupayakan peningkatan pendapatannya dengan memberikan peningkatan sistem pelayanan,” katanya.

Sementara Kepala BPKAD Kabupaten Tabalong, Zainal Arifin melaluin materi paparannya terkait informasi regulasi, sistem informasi pemerintahan daerah ,serta kebijakan belanja dan hal-hal lain terkait dengan pengelolaan keuangan daerah.

Forum lintas SKPD bertemakan, Peningkatan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi Dalam rangka Menciptakan SDM Yang Tangguh.

“Target PAD Kabupaten Tabalong tahun 2022 diproyeksikan sebesar Rp1,5 triliun,” katanya. ***