TANJUNG – Disaat “pemburu” berita di daerah lain mendapat perhatian dan bantuan dari berbagai pihak di pandemi Covid-19 yang menghantui semua orang. Namun, hal sebaliknya dilakukan wartawan di Kabupaten Tabalong.

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tabalong secara swadaya mengumpulkan dana untuk membeli peralatan cuci tangan bagi warga Tabalong khususnya di daerah Mabu’un dan Pasar Bauntung Tanjung.

Ketua PWI Tabalong, Sabirin HA Syukran Nafis menyampaikan bahwa dipilihnya dua lokasi tersebut dengan pertimbangan mobilitasnya terbilang tinggi dan belum terlihat adanya bantuan tempat mencuci tangan di beberapa titik.

“Setelah di survey, pangkalan ojek dan warung di belakang terminal Mabu’un belum ada tempat cuci tangan, termasuk beberapa titik di los kantin pasar Tanjung,” terangnya pada awak media usai menyerahkan bantuan pada Selasa (14/4).

Sabirin menuturkan bahwa pendanaan untuk membeli peralatan dan perlengkapan cuci tangan dilakukan secara swadaya alias patungan oleh wartawan.

“Ide ini pun berasal dari rekan wartawan sendiri, dikoordinir PWI, wartawan urunan untuk membeli tempat penampungan air, ember, tempat penampungan dan sabun cair botol,” bebernya.

Sabirin berharap bantuan ala kadarnya ini bisa bermanfaat bagi sebagian warga.

“Walaupun nilainya tak seberapa, tapi kami ingin juga berpartisipasi dan mudah- mudahan bisa diikuti oleh organisasi lainnya yang ada di Tabalong,” ucapnya.

Ia meminta warga yang diserahi amanah bantuan ini agar menyediakan air untuk tempat penampungan.

“Secara berkala akan kami cek tempat atau lokasi bantuan, kalau sabun cairnya habis akan kami belikan lagi,” tegasnya.

Uri (60), salah seorang tukang ojek yang ada di pangkalan pun mengaku senang menerima bantuan peralatan cuci tangan.

“Kalau airnya habis kami siap mengisinya,” ujarnya pula.

Hal senada juga diungkapkan oleh Hafsah(47), pemilik warung di belakang terminal.

Ia merasa senang menerima bantuan yang PWI berikan karena selama ini di sekitar tempatnya berjualan belum ada menerima bantuan serupa.

“Masalah air ditempat penampungan yang habis, kami siap mengisinya” pungkasnya.(metro7/rel)