KOTABARU, metro7.co.id – Pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Tanah Kambatang Lima (Takamlima), kembali digaungkan.

Minggu, (12/9/21), di RM Refana 2 Cantung, Kelumpang Hulu, Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis meriung bersama pengurus presidium serta korcam DOB perwakilan sejumlah kecamatan yang masuk dalam Takamlima.

Takamlima secara aklamasi menunjuk Rabbiansyah atau Roby untuk menakhodai panitia percepatan pemekaran Tanah Kambatanglima, sebagai ketua.

“Dalam strukur panitia percepatan pemekaran DOB ini nanti akan diisi jajaran Pemda Kotabaru, DPRD Kotabaru serta pengurus presedium DOB Takamlima,” ujar Roby.

“Setelah lengkap strukur panitia, maka segera kami ajukan kepada Bapak Bupati Kotabaru untuk mendapatkan SK, sehingga tahapan DOB Takamlima segera bergulir,” ungkapnya.

Tentu saja sambung Roby dengan pemberian anggaran untuk kajian DOB Takamlima yang mungkin akan diserahkan kepada ULM Banjarmasin atau UGM Jogjakarta dalam melakukan kajian kelayakan dan lainnya.

Raby mohon doa masyarakat Kotabaru, daratan dari 12 kecamatan dan 109 desa untuk dimudahkan, agar kata Roby kesenjangan ekonomi, infrastrukur, pelayanan kesehatan, pendidikan serta kemudahan berurusan akan dijawab seiring lahirnya DOB Kambatanglima.

“Serta sebagai persiapan penyangga ibukota baru yang dicanangkan Presiden Joko Widodo di Kalimantan Timur berbatasan langsung dengan daratan Tanah Kambatanglima,” tukasnya. ***