TANAH BUMBU, metro7.co.id – Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu dan BRI Unit Pagatan beserta seluruh SDM Program Keluarga Harapan (PKH) Tanbu melaksanakan penyaluran Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH.

Penyaluran KKS beserta Buku Tabungan dilaksanakan di BRI Unit Pagatan pada hari, Selasa (29/6) pagi dan diserahkan langsung oleh Bupati Tanah Bumbu, H. Zairullah Azhar secara simbolis kepada KPM PKH yang menerima.

Selain Bupati, Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, H. Ambo Sakka dan Kepala Dinas Sosial, H. Basuni juga berhadir dalam acara penyerahan tersebut.

Pelaksanaan acara tersebut juga dilakukan serentak di sepuluh Kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kordinator PKH Tanah Bumbu, Azhar Hanafi saat penyerahakan KKS tersebut mengatakan kepada media ini bahwa penyaluran KKS ini diperuntukkan bagi KPM PKH hasil validasi Tahun 2020 lalu dengan jumlah total keseluruhan yaitu 4.963 penrrima.

“Untuk penerima kartu KKS dan Buku Tabungan ini terbagi dari beberapa Kecamatan, diantaranya 220 KPM Kecamatan Angsana, 317 KPM di Batulicin, 378 KPM di Karang Bintang, 367 KPM di Kuranji, 892 KPM di Kusan Hilir,” ujar Azhar

Selanjutnya kata Azhar lima Kecamatan yang disebutkannya tadi juga terdapat di Kecamatan lima kecamatan lain, diantaranya 456 KPM di Kecamatan Kusan Hulu, 597 KPM di Mantewe, 753 KPM di Satui, 528 KPM Simpang Empat dan 455 KPM di Sungai Loban.

KPM yang telah menerima KKS bisa langsung mengecek dan melakukan tarik tunai melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang ada di BRI Unit yang sudah disediakan di masing-masing tempat penyaluran.

“KPM pun mendapatkan edukasi mengenai penggunaan KKS dari pendamping PKH untuk membantu dalam proses pencairan bantuan,” tambah Azhar

Perhitungan bantuan sosial tersebut dibatasi untuk 4 orang dalam satu keluarga dan bantuan masuk sekali dalam tiga bulan ke rekening masing-masing penerima manfaat.

Selanjutnya dia berharap agar program ini dapat meningkatkan kesejahteraan KPM sehingga dapat membantu pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan di Indonesia pada umumnya dan di Tanah Bumbu pada khususnya.*