BATULICIN, metro7.co.id – Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Nico Afinta bersama Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah mengunjungi Kampung Tangguh Banua di Batulicin Irigasi, Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu, Jum’at (26/6/2020)

Irjen Nico merasa bangga sebab semua warga masyarakat turut mendukung pelaksanaan kampung tangguh ini, sehingga semuanya dapat berjalan dengan luar biasa seperti pemberdayaan masyarakat, ketahanan pangan.

Kesiapan kelengkapan Kampung Tangguh dengan harapan bisa menjadi contoh bagi kampung-kampung tangguh lainnya, dia pun mengingatkan kepada warga masyarakat bahwa yang terpenting dalam menangani Pandemi Covid-19 ini adalah ‘Disiplin’.

“Sebagaimana yang dilaksanakan hari ini, saya bersama Danrem dan Asisten I Provinsi Kalsel mengunjungi Desa-Desa yang berada di Kabupaten Tanah Bumbu, kita melihat seluruh Desa sudah melaksanakan mekanisme terkait Kampung Tangguh dan prosedur penanganan Pandemi Covid-19,” tuturnya.

Irjen Nico menilai, Desa Batulicin Irigasi di Kecamatan Karang Bintang tersebut benar-benar tangguh sehingga menjadi basis warga untuk menjaga diri dari wabah Covid-19.

“Kampung Tangguh yang sudah terbentuk ini bukan sekadar ada penjagaan, cek suhu maupun lumbung pangan. Tapi, Kampung Tangguh harus benar-benar tangguh, baik di bidang sosial, ekonomi, keamanan maupun kesehatan,” ungkapnya.

Selain itu, menurut Nico Kampung Tangguh menjadi garda terdepan untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat, sehingga angka kematian bisa dikurangi dan angka kesembuhan bisa ditingkatkan agar bisa menyongsong normal baru.

“Kalau ada warga yang terpapar, harapannya segera dimonitor melalui Kampung Tangguh ini agar dapat ditangani dan diambil tindakan untuk perawatan secepatnya,” tandasnya.

Dalam kunjungan kerja itu, Kapolda Irjen Nico ini turut didampingi Bupati Tanbu, H Sudian Noor, Asisten I Sekdaprov Kalsel, Kapolres Tanbu AKBP Sugianto Marweki serta Dandim 1022/TNB, Letkol Czi Bintarto Joko Yulianto. ***