BATULICIN, metro7.co.id – Menteri Sosial Juliari P Batubara melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, Jum’at (04/12). Kunker ini dalam rangka koordinasi teknis dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) program keluarga harapan (PKH) dalam pelaksanaan PKH.

Kunker tersebut di gelar di So Raja Hall Ebony Hotel Batulicin. Kedatangan Menteri Sosial ini disambut oleh puluhan SDM PKH yang bertugas di wilayah itu. Mereka merupakan bagian dari petugas Pendamping PKH yang tersebar di sepuluh kecamatan di Tanah Bumbu.

Dalam sambutannya Mensos, Juliari P Batubara, menyampaikan kepada SDM PKH bahwa akan mewacanakan peningkatan target graduasi Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) dari 10 persen pada 2020 menjadi 30 persen pada 2021. Tercatat, ada 10 juta KPM pada 2021.

Peningkatan jumlah graduasi ini memberikan kesempatan warga miskin yang belum pernah mendapatkan PKH bisa menggantikan mereka yang tergraduasi atau tidak lagi menjadi penerima manfaat.

Juliari menuturkan, guna mencapai target itu, perlu kerja keras pendamping PKH dalam melaksanakan tugasnya.

“Yang namanya bantuan itu sipatnya temporer atau sementara tidak ada yang namanya bantuan terus menerus. Jadi untuk tahun 2021 untuk keluarga penerima mampaat PKH maxsimum lima tahun, kita ingin agar keluarga-keluarga lain yang memerlukan bantuan,” ujar Mensos, Jum’at (04/11/2020).

Dalam kesempatan itu, Mensos Juliari P Batubara juga memberikan penghargaan kepada tiga orang SDM PKH yang berprestasi dalam Graduasi terbanyak tahun 2020 di wilayah Tanah Bumbu.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu yang diwakili Plt. Asisten Administrasi Umum, Riduan saat sambutan mengatakan selaku pribadi, atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu kami mengucapkan selamat datang Kepada Mensos RI Juliari P Batubara, beserta rombongan di Bumi Bersujud Kabupaten Tanah Bumbu.

“Sungguh suatu hal yang sangat menggembirakan dan membahagiakan bagi kami, mendapat kehormatan atas kunjungan kerja ini,” sebut Riduan.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri dan didampingi oleh Direktur Jenderal Perlindungan dan jaminan Sosial Kemesos RI, Staf Ahli Mensos Bidang Perubahan dan Dinamika Sosial, Kepala BBPPKS Reg. 4 Banjarmasin, Koordinator PKH Wilayah I Kalsel, Plt Gubernur diwakili Kadis Sosial Kalsel, Kadis Sosial Tanah Bumbu, Wakil Ketua DPRD Kalsel, Ketua DPRD Tanah Bumbu serta tim teknis Kemensos RI. *