TANAH BUMBU – Muspika Mantewe dan Pemerintah Desa Sidomulyo Kecamatan Mantewe bekerja sama dengan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kusan pada, Jumat (21/02/2020) melakukan kegiatan penanaman bersama, bibit pohon penghijauan.

Sebanyak kurang lebih 500 bibit pohon penghijauan jenis trembesi, ditanam di sepanjang jalan poros propinsi/jalan transmigrasi yang berada di Desa Sidomulyo Kecamatan Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Camat Mantewe Syafrudin, KPH Kusan, Kepala Desa Sidomulyo, Banser dan Karang Taruna serta masyarakat Desa Sidomulyo Kecamatan Mantewe.

Camat Mantewe melalu Sekretaris Camat, Syafrudin kepada media ini mengatakan bahwa tujuan kegiatan tanam pohon tersebut sebagai bentuk kepedulian masyarakat setempat terhadap daerah di pinggiran jalan poros, dengan harapan bisa mengurangi dampak erosi langsung dipinggiran jalan, mengingat hampir setiap kali terjadi hujan lebat.

“Kami juga mengajak masyarakat agar sadar akan pentingnya fungsi hutan terhadap ekosistem alam, yang mana pohon adalah merupakan paru-paru dunia. Selain itu diharapkan nantinya pohon-pohon tersebut juga sebagai penahan erosi tanah, agar supaya tidak longsor. Ayo galakan tanam pohon mulai dari sekarang demi anak cucu kita nanti.” kata Syafrudin.

Camat Mantewe juga menambahkan bahwa kegiatan tanam pohon tersebut adalah inisiatif Pemerintan Desa Sidomulyo dan Forpimca Mantewe beserta KPH Mantewe dalam rangka peduli terhadap lingkungan khususnya dalam upaya mencegah bencana banjir dan tanah longsor atau erosi.

“Tujuan kegiatan ini semata sebagai sumbangsih terhadap ekosistem alam, mengingat di wilayah tersebut dari tahun ke tahun sering dilanda erosi” tutur

Menurutnya ke depan pihaknya akan terus melakukan kegiatan yang sama, dengan lokasi atau daerah rawan bencana lainnya khususnya di wilayah Kecamatan Mantewe.

“Semoga dengan upaya kecil ini nanti bisa ditiru oleh desa-desa lain di wilayah Kecamatan Mantewe.” tutur Syafrudin. (metro7/khairil)