Tim Ekspedisi Khatulistiwa 2012 Sub Korwil 08/ Hulu Sungai Tengah memanfaatkan Hari Kebangkitan Nasional untuk melaksanakan Aksi Sosial (Aksos). Mereka membagi-bagikan buku bacaan untuk anak-anak sekolah di Balai Adat Uling Uling, Kecamatan Loksado Hulu Sungai Selatan.
Komandan Tim Peneliti II, Kapten Mar Tantahara, Sub Korwil 08/HST Mayor Sus Komaruddin menyampaikan, kegiatan memberikan buku bacaan anak-anak kepada warga Uling Uling tersebut sebagai salah satu upaya membangkitkan dan memotivasi anak-anak gemar membaca.
“Kita berharap, anak usia sekolah di Meratus lebih semangat dalam belajar. Terutama membaca dan menulis, karena keinginan mereka belajar sebenarnya sangat besar dan perlu dukungan seperti dengan bantuan buku-buku,” jelasnya, Senin (21/5/2012). 
Sebelumnya,  40 buku bacaan anak-anak tersebut diserahkan Tim Sosial Budaya kepada  perwakilan Kepala Penghulu Balai Adat Uling Uling, Yapan dan ketua RT, Piim.
“Kami berharap, warga di sini menjaga, merawat dan memanfaatkan buku-buku ini. Mudah-mudahan makin banyak orang yang menyumbang buku ke balai adat ini,” kata Tantahara.
Pembagian buku bacaaan itu disambut antusias anak-anak setempat. Mereka terlihat senang dan membolak-balik halaman buku tersebut.
“Kami senang sekali diberi buku seperti ini. Sangat bermanfaat untuk anak-anak kami,” kata Yapan,  disaksikan seluruh masyarakat balai adat Uling Uling.   
Selain kegiatan sosial dalam rangka Harkitnas, tim ekspedisi melaksanakan kerja bakti bersama warga memperbaiki jalan utama antara Balai Adat Uling Uling dan Kampung Bumbuyanin yang tertimbun longsoran batu.    
Pada penjelajahan dan penelitian tahap pertama, di  Pegunungan Maratus Kabupaten Hulu Sungai Tengah, tim ekspedisi melaksanakan kegiatan belajar baca tulis terhadap anak-anak usia sekolah selama tujuh hari di Balai Adat Tamburasak Kecamatan Hantakan, yang dipandu Serda Kosasih dan Heri Afriyani. advhst