Setelah sempat disambangi Danjen Kopassus Mayor Jenderal TNI Wisnu Bawa Tenaya, Rabu (20/6/2012) kemarin, giliran Wakil KSAD Letnan Jenderal TNI Budiman mengunjungi Posko yang berlokasi di Desa Murung B Kecamatan Hantakan.
Kegiatan Ekspedisi Khatulistiwa 2012 dengan Posko Taktis (Poskotis) di Hulu Sungai Tengah, membuat kabupaten ini dikunjungi petinggi TNI sekelas jenderal.
Perwira Sejarah Korwil 08/HST pada Ekspedisi Khatulistiwa, Mayor Sus Komaruddin, mengatakan, sesuai jadwal, Budiman datang ke HST pukul 09.30 Wita.
Beliau mendarat di Bataliyon Yonif 621 Manuntung menggunakan helikopter MI-17. Selanjutnya langsung menuju Poskotis,” jelasnya.
Selain meninjau secara langsung kegiatan ekspedisi Khatulistiwa, Wakil KSAD juga turut mendengarkan pemaparan Wakil Komandan Subkorwil 08 HST terkait hasil penjelajahan dan temuan-temuan selama melaksanakan penelitian di Pegunungan Meratus Kalsel.
“Rencananya Bupati HST Harun Nurasid akan ikut hadir dalam kegiatan kunjungan ke Hantakan tersebut,” katanya lagi.
Tim ekspedisi kini sudah tiga bulan lebih melaksanakan kegiatannya, di Pegungungan Meratus wilayah Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Paramasan Kabupaten Banjar, serta Kabupaten Balangan. Berbagai jenis tanaman dan satwa langka endemik Kalimantan ditemukan tim peneliti dan rencananya juga akan dibukukan sebagai rekomendasi untuk pemerintah pusat dan daerah. advhst