Hulu Sungai Tengah– “Salah satu kriteria utama calon pemimpin adalah sukses dalam hal rumah tangganya,” ungkap salah satu tokoh masyarakat yang tidak ingin disebutkan namanya itu.
Disampaikannya kepada Metro7 pada saat mengunjungi rumahnya, Sabtu, (31/10).
Tambah dia, menurutnya contoh sederhana dalam mempertimbangkan calon pemimpin adalah dengan melihat latar belakang dia dan kualitas kepribadiannya serta keluarganya, karena kedepan dia akan menjadi pemimpin, tauladan, dan contoh bagi masyarakat HST.
“Lihat kualitas kepribadiannya dan keluarganya, Insya Allah masyarakat HST akan bisa menentukan calon pemimpin yang demikian,” ujarnya.
Bersamaan dengan itu, KH Hasan Basuni  tokoh agama yang juga merupakan ulama besar di HST dan Pengasuh Pondok Pesantren Darul Istiqamah Barabai mengingatkan agar kelak masyarakat hendaknya dapat memilih calon pemimpin yang memiliki kriteria seperti pandai mengelola dirinya sendiri dan keluarganya.
“orangnya harus sejahtera dan yang paling penting bisa mengelola dan memimpin keluarganya dengan baik. Karena bukti pemimpin yang baik dimulai dari cara dia memperlakukan serta memimpin keluarganya,” jelasnya.
Berkaitan dengan itu, hal senada diungkapkan Ustadz Syarwani kepada Metro7. ia mengatakan Pemilu merupakan sarana untuk mengolah dan menentukan siapa yang akan memimpin dan memegang amanah rakyat yang dipimpinnya. namun hakikat menentukan  pemimpin harus dilihat dari kualitas kepribadiannya karena pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki komitmen terhadap keluarganya.
“Pemilu akan menentukan calon pemimpin yang akan memegang amanah dari rakyat yang memilihnya, untuk itu lihat terlebih dahulu kualitas kepribadiannya dan komitmen terhadap keluarganya ,menjadi calon kepala daerah itu ada pada sekian presen saja dari sepertiga  beribadah dalam berkeluarga. Oleh karena itu, ketika menjalankan tugas sebagai pemimpin daerah maka berangkatlah dari kesakinahan, mawaddah dalam  berkeluarga. Insya Allah, keluarga dan daerah terselamatkan. Ketentraman dalam keluarga akan membawa etos kerja yang maksimal dalam memimpin daerah,” tandasnya.
Dikahir pembicaraanya ia berpesan agar kelak siapapun yang terpilih hendaknya mementingkan urusan rakyat. (Metro7/Sal).