BARABAI, metro7.co.id – Pemkab HST melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan pengadaan unit Bulldozer D3 senilai Rp4,2 miliar untuk pengelolaan sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan.

Pengadaan alat berat tersebut dilakukan karena pengelolaan sampah di TPA Telang saat ini dinilai masih belum optimal, sebab keterbatasan peralatan yang ada, sehingga dengan adanya pengadaan alat berat ini diharapkan pengelolaan sampah akan lebih optimal.

Unit Bulldozer D3 diserahkan secara simbolis oleh Bupati HST, H Aulia Oktafiandi kepada Kepala DLHP Mursyidi, di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, di desa Telang, Kecamatan Batang Alai Utara (BAU), Senin (3/6).

Bupati Aulia mengatakan, alat berat Bulldozer D3 dari Caterpilar ini akan digunakan dalam rangka pengelolaan sampah di TPA Telang.

Ia berharap, alat ini mampu mengatasi permasalahan sampah yang selama ini menjadi tantangan besar dalam mengurangi dampak negatif dari timbunan sampah, seperti bau tak sedap, penyebaran penyakit, dan pencemaran lingkungan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pengadaan Bulldozer ini, dari segi perencanaan, penganggaran, hingga realisasinya,” bebernya.

Sementara, Kepala Dinas PUPR HST, Syahidin mengucapkan rasa syukur serah terima Bulldozer tipe D3 untuk pengelolaan sampah yang sudah lama di idam-idamkan DLHP untuk pengelolaan sampah.

“Alhamdulillah hari ini, di tahun 2024 sudah kita bisa realisasikan untuk pengelolaan sampah, ini sangat berguna untuk mengelola sampah di tempat ini,” katanya.

Syahidin menyebutkan, kalau selama ini karena ketiadaan alat berat, maka dimanfaatkan alat seadanya, dengan keberadaan alat itu akan lebih baik lagi, sehingga pencemaran udara dan pencemaran lingkungan bisa teratasi.

“Dengan harapan masyarakat di sekitarnya tidak terganggu dengan keberadaan TPA di Desa telang ini, dan bisa dimanfaatkan dengan maksimal, serta bisa digunakan selama kegiatan TPA,” tutupnya.

Turut berhadir, Kepala DLHP HST dan Service Manager mewakili Branch Manager Trakindo Balangan.