Paringin – Bupati Balangan Sefek Effendi menghimbau agar lahan-lahan yang kurang produktif untuk pertanian maupun perkebunan , termasuk rawa-rawa maupun lahan yang selalu terendam air saat musim hujan agar dijadikan sebagai budidaya ikan tawar .
Hal itu disampaikannya dalam kegiatan pertemuan Kepala Desa se-Balangan, yang berlangsung di Balangan Benih Ikan Desa Gunung Pandau, belum lama tadi .
Membudidayakan ikan air tawar sebagai sumber pendapatan alternatife pada wilayah-wilayah  yang tidak produktif untuk budidaya tanaman, maka perlu penghasilan alternative bagia masyarakat petani dengan membuka usaha baru yakni budidaya ikan tawar. Dalam menyikapi ketidakberhasilan berkebun, petani bisa menambah penghasilan seluas-luasnya.
“Kita memang harus kreatif untuk melihat sumber daya ekonomi dalam kondisi-kondisi yang sebelumnya kita anggap sebagai kendala,” ujarnya .
Menurutnnya, selain sebagai sumber pendapatan alternatif, budidaya ikan air tawar ini dapat dijalankan dengan cara padat karya prodoktif, sehingga mampu berperan dalam mengatasi masalah pengangguran dan kekurangan lapangan kerja.
Selain itu, Bupati Sepek Effendie  juga berharap , para petani bisa melakukan tanam padi kedua tahun ini, sehingga prodoksi tidak terhenti. ” Mengingat panen padi pertama diwilayah kecamatan sudah menunjukkan hasil yang memuaskan, maka dapat dilakukan tanam padi kedua tahun ini sehingga prodoksi tidak berhenti,” pintanya. Metro7/sri