PARINGIN – Perjalanan Safari Ramadhan rombongan Pemkab Balangan akhirnya tiba di Kecamatan Lampihong, Desa Tanah Habang, Kamis (10/7) lalu disambut baik oleh warga balangan khususnya warga lampihong. Suasana Safari terlihat berbeda ketika di tengah-tengah rombongan nampak berhadir secara langsung orang nomer dua di Kalsel, yakni Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan H Rudy Resnawan.
 Tak ketinggalan, kehadiran ratusan warga setempat juga membuat suasana semakin meriah.
Bupati Balangan H Sefek Effendie dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada rombongan Wagub Kalsel, karena telah dengan senang hati berhadir dalam Safari Ramadan di Balangan.
Kepada masyarakat,  ucapan terimakasih juga sampaikan Sefek karena telah menampilkan suasana yang harmonis dan kondusif, terlebih saat berlangsungnya Pemilihan Presiden beberapa waktu lalu.
 Untuk itu kata Sefek, dia berharap keamanan dan ketentraman agar terus dipelihara dan jadikan Ramadan sebagai sarana untuk melatih diri mencapai kualitas hidup lebih baik.
 Sementara itu, Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan juga mengucapkan terima kasih atas sambutan Pemkab dan masyarakat Balangan.
“Banyak kemajuan yang kita lihat di Kabupaten Balangan, hal ini menunjukan kesuksesan pemerintah setempat bersama masyarakat dalam membangun Balangan yang lebih maju,” ungkap Rudy.
Upaya peningkatan ini kata Rudy, tidak terlepas dari komitmen pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam menikmati pembanguan yang lebih baik.
Disampaikannya, tahun ini Pemprov Kalsel memberikan bantuan dana sekitar Rp14,5 Miliar kepada Pemkab Balangan, sebagai upaya Pemprov untuk mendorong pembangunan di Kabupaten Balangan yang tergolong muda agar sejajar dengan kabupaten lain di Kalsel.
Bukan hanya Pemprov yang memberikan bantuan kepada kabupaten, dalam kesempatan itu Pemkab Balangan melalui Bupati Sefek Effendie juga menyerahkan secara simbolis bantuan dana masjid sebesar Rp150 juta kepada perwakilan pengurus masjid di Kecamatan Lampihong, di antaranya Masjid As Saadah, Masjid Syuhada, Masjid Miftahul Jannah dan Masjid At Takwa.
Bukan hanya dari pemerintah, pihak ketiga pun turut serta memberikan bantuan berupa uang sebesar Rp50 juta untuk perbaikan masjid. Selain memberikan bantuan Rp14,5 Miliar, Pemprov melalui H Rudy Resnawan juga menyerahkan bantuan dana anggaran  di bidang kesehatan kepada pemkab Balangan dengan total Rp769,250.000 yang meliputi, dana Pertemuan peningkatan mutu petugas dan kader dalam rangka kemitraan penurunan AKI dan AKB sebesar Rp197.750.000, transportasi kader Posyandu sebanyak 793 kader sebesar Rp237.900.000 serta pencegahan dan penangulangan anemia remaja puteri Rp333.600.000. (Metro7/Sri)