Tanjung — Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo, melakukan Safari Ramadan di Kabupaten Tabalong, Jumat (26/7) tadi. Dalam kunjungannya ke PT Pertamina EP Asset 5 Tanjung ini Wamen didampingi oleh Operation Director PEP dan Kepala SKK Migas beserta jajarannya.
Dalam keterangannya, Susilo Siswoutomo menjelaskan PT Pertamina (Persero) terus berupaya untuk meningkatkan hasil produksi minyak di seluruh wilayah operasionalnya. Termasuk di wilayah operasional PT Pertamina EP Asset 5 Tanjung yang merupakan salah satu focus area dalam meningkatkan produksi.
Menurtnya, potensi cadangan minyak yang masih belum direcover di wilayah ini sangat besar, sekitar 600 juta barel. Sekarang yang bisa diangkat hanya 190 juta barel.
Cadangan minyak komposisinya yang lebih besar adalah air. Oleh karena itu PT Pertamina akan menjadikan pilot project EOR untuk meningkatkan lagi kandungan minyak dengan cara didorong menggunakan bahan kimia. “Kalau pilot project ini bisa selesai dalam waktu sekitar satu tahun baru nanti akan di-launching secara keseluruhan. Setelah itu beberapa tahun kemudian produksi minyak bisa mencapai tiga kali lipat dari sekarang,” kata Susilo Siswoutomo saat meninjau lokasi EOR T35i di Desa Masukau Kecamatan Murung Pudak.
Wamen ESDM menambahkan, pada tahun 2016 mendatang target produksi 18 ribu barel bisa tercapai. Tidak hanya itu, PT Pertamina EP Asset 5  Tanjung juga memproduksi chemical dengan bahan garam, soda dan kelapa sawit. “Disamping itu diwacanakan kedepan proses pengolahan minyak menjadi BBM yang siap disuplai untuk keperluan di daerah ini. Kalau wacana bisa terwujud maka kita tidak perlu lagi antri membeli BBM,” pungkasnya.
Sebelum menuju lokasi EOR T35i, Wamen ESDM beserta rombongan melaksanakan sholat Jumat di Hotel Aston Tanjung dan meninjau Islamic Centre yang disambut oleh Presiden Direktur PT Adaro Indonesia H Boy Garibaldi Tohir bersama GM Operasional Priyadi dan Ketua MUI Tabalong H Ahmad Rasyidi Amin LC.
Selanjutnya Wamen ESDM menghadiri acara buka puasa bersama di Mesjid At Taqwa Murung Pudak sampai sholat tarawih berjamaah. Pada acara buka puasa Wamen ESDM bersama Field Manager Pertamina Asset 5 Tanjung Heragung Ujiantoro menyerahkan santunan kepada anak yatim sebesar Rp 30 juta dan 500 paket sembako senilai Rp 50 juta kepada kaum dhuafa. (Metro7/Via)