Tanjung — Sekolah Tinggi Ilmu Administransi (STIA) Tabalong kembali meluluskan mahasiswanya. Untuk tahun akademi 2012-2013 ini, satu-satunya peruguruan tinggi di Bumi Saraba Kawa ini mewisuda 132 orang mahasiswanya.
Bupati H Rachman Ramsyi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, Drs H Erwan SH MAP, menyatakan rasa bersyukur dan bangga atas dilaksanakannya wisuda ke IV oleh STIA Tabalong. Karena STIA yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Banua Saraba Kawa ini berhasil menjawab tuntutan di era globalisasi sekarang ini dalam menciptakan sumber daya manusia yang handal.
Pemerintah Kabupaten Tabalong benar-benar memperhatikan dunia pendidikan. Sejak beberapa tahun ini pemerintah daerah telah mengalokasikan dana sebesar 20 persen untuk memajukan dunia pendidikan. Bahkan pemerintah daerah juga menggratiskan biaya pendidikan sampai tingkat SLTA.
“Hal ini juga telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong sebagai bukti tekad yang luar biasa untuk memajukan dunia pendidikan sebagai basis peningkatan sumber daya manusia,” katanya.
Sementara itu Ketua Yayasan Pendidikan Banua Saraba Kawa, Ir H Arifin Noor MT, dalam sambutannya menyatakan keberhasilan STIA dalam mencetak ratusan sarjana S1 di usia yang kedelapan tidak terlepas dari dukungan semua pihak. Seperti dukungan dari pemerintah daerah, DPRD, para pemerhati pendidikan diantaranya PT Adaro dan semua dukungan moril dari kita semua yang memacu semangat memajukan pendidikan.
Diusia yang kedelapan tahun STIA Tabalong banyak mengalami hambatan dan tantangan, namun sampai masih bisa tetap eksis memeperjuangkan kehidupan bangsa menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi sesuai dinamika tuntutan kehidupan masyarakat dan kemajuan teknologi. “Hari ini kita akan mewisuda sebanyak 132 orang sarjana S1 yaitu 125 orang Administrasi Publik dan 7 orang Administrasi Niaga,” katanya.
Menurutnya, Yayasan Pendidikan Banua Saraba Kawa akan terus berupaya meningkatkan pengembangan bidang pendidikan dengan mengupayakan penambahan sarana prasarana belajar termasuk laboratorium sehingga kedepan STIA Tabalong dapat menjalankan program kuliah jenjang S2 dan S3. (Metro7/Via)