TANJUNG – Sebanyak 30 orang Guru SMP, SMA/SMK di Kabupaten Tabalong mengikuti Workshop Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran di sekolah yang dilaksanakan di aula SMKN 1 Tanjung baru-baru tadi. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong dengan Tim Seamolec Takarta.
Workshop dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tabalong H Muchlis SH. Hadir dalam pembukaan itu, Kepala Dinas Pendidikan Drs H Erwan SH MAP, Kepala SMKN 1 Tanjung, dan Dwi Sophia dari Tim Seamolec.
Kegiatan workshop didahului sambutan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong Drs H Erwan SH MAP dan pengantar pendahuluan dari Tim Seamolec.
Dalam sambutannya, Drs H Erwan SH MAP menjelaskan bahwa pada workshop kali ini pihaknya juga menghadirkan 20 orang Guru Jurusan Informatika, atas kerjasama dengan Politeknik Banjarmasin.
“Materi yang akan disampaikan adalah materi-materi yang tergolong baru. Di antaranya Manajemen Sistem dan Objek Material,” ujarnya.
Dwi Sophia dari Tim Seamolec Jakarta menjelaskan tentang Misi pihaknya yang ingin mempersiapkan Guru-Guru dalam mengajarkan bahan ajaran.
“Hendaknya para Guru tidak hanya sekedar pandai menjelaskan, karena masih banyak yang harus dipelajari untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia. Saya harap ke depan nanti Tabalong memiliki Akademi Pemerintahan Daerah, sehingga kemajuan pendidikan di Tabalong tidak kalah dengan daerah lain, bahkan kalau bisa dapat bersaing dengan ASEAN,” harapnya.
Sementara Wakil Bupati Tabalong H Muchlis SH menyatakan dukungannya terhadap kegiatan workshop tersebut.
“Ini sebagai bukti bahwa kita semua serius untuk menjadikan Tabalong sebagai Kota Pendidikan yang dinamis, modern dan berbasiskan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Lebih dari itu, sangat kita harapkan agar para Guru bisa menerapkan teknologi Informatika dan Komunikasi dalam pembelajaran di sekolah masing-masing serta dapat mengembangkan program serupa untuk ditularkan kepada lembaga pendidikan lainnya,” ujar Wabup.
Ditambahkannya, bahwa harus diakui perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi semakin besar memberikan banyak sekali manfaat serta kemudahan bagi manusia, meskipun sisi negatifnya, tidak sedikit, namun manfaatnya jauh lebih banyak. Misalnya dengan hadirnya internet, maka masyarakat di seluruh dunia bisa saling berkomunikasi, karena informasi apa pun bisa dicari.

Pada pembukaan workshop tersebut, Wakil Bupati menyerahkan secara simbolis Surat Keputusan kepada Guru yang menerima tunjangan fungsional 2012 dan bantuan untuk Guru dalam rangka peningkatan kualifikasi akademik S1. Metro7/Via