NIAS BARAT, metro7.co.id – Bupati Nias Barat Faduhusi Daely beserta Sekda Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulo dan segenap Pimpinan OPD lingkup Pemkab. Nias Barat, Camat Sirombu Rosevelt Hia, Danramil 09/Sirombu Kapten.Inf. Aman Simbolon, Kapolsek Sirombu Ipda. Osiduhugo Daeli mengunjungi Pameran Vestifal Kuliner Tradisional yang difasilitasi Dinas Pariwisata Kabupatèn Nias Barat. Kamis, (09/07/2020).

Menurut Kadis Pariwisata Elfira Hotmulani, bahwa program ini (event) bertujuan memperkenalkan sekaligus mempromosikan Produk hasil Kuliner lokal (tradisional) Bumi Aekhula sebagai Ciri khas dan andalan Bumi Aekhula Nias Barat kepada setiap pengunjung baik Turis lokal dan Mancanegara sekaligus menciptakan daya pikat serta motivasi bagi pelaku-pelaku usaha industri rumah tangga, sebagai upaya menopang berhasilnya sektor Pariwisata dan hubungannya dengan peningkatan Ekonomi masyarakat.

Dalam kegiatan ini Bupati Nias Barat menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata yang telah merencanakan kegiatan ini ditengah-tengah ketidak stabilnya dan ketidak tenangnya para pelaku usaha industri akibat pandemi Covid-19.

“Memang mengangkat produk lokal hasil kuliner tradisional Nias sangat di apresiasi sekaligus mengajak kembali pelaku usaha industri untuk melestarikan Produk Lokal Kuliner Khas Nias (Bumi Aekhula) dengan harapan bahwa ada sebuah hal yang melekat bagi setiap pengunjung destinasi wisata kita, “papar Bupati.

Disela-sela transaksi antara produsen dan konsumen di sejumlah stand, Bupati mengkoordinir pembagian voucher melalui berbagai pertanyaan dan dijawab oleh yang hadir; bila jawaban benar, maka voucher berupa hasil produk kuliner lokal akan diterima sebagai hadiah. ***