PAKPAK BHARAT, metro7.co.id – Enam dari tujuh Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diusulkan Pemkab Pakpak Bharat disetujui oleh DPRD pada Sidang Paripurna Penetapan 7 (tujuh) Ranperda, pada Selasa pagi (21/07), di Gedung DPRD Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak.

Ranperda itu yakni tentang Kabupaten Layak Anak, tentang Tata Kelola Pasar Rakyat dan Pasar Tradisional di Kabupaten Pakpak Bharat, tentang Pencabutan Perda no. 8/2006 tentang Pengelolaan Usaha Pertambangan Umum, tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah tahun 2020-2025, tentang Badan Permusyawaratan Desa di Kabupaten Pakpak Bharat dan tentang Perubahan Kedua Atas Perda no. 2/2016 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa.

Satu Ranperda lainnya, yaitu tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas, disepakati untuk ditunda pembahasannya dengan berbagai pertimbangan tertentu dalam Sidang Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua, Elson Angkat, dengan didampingi Wakil Ketua, Mansehat Manik dan turut dihadiri Pj. Bupati, H Asren Nasution, Sekda, Sahat Banurea, beserta para pejabat lingkup Pemkab Pakpak Bharat serta undangan lainnya, termasuk para pemuka masyarakat.

Pengambilan keputusan ini sebelumnya beranjak dari Laporan Pansus Ranperda, yaitu oleh Mhd. Said Darwis Boangmanalu, (Pansus I) dan Marido Padang (Pansus II), serta beranjak dari Pendapat Akhir Fraksi, yaitu oleh Ronald Lubis (Fraksi Partai Demokrat), Edison Manik (F. Partai Golkar), Rismawaty Bancin (F. Partai Gerindra), Bayar Manik (F. Gabungan Bangkit Bersatu) dan Sabar Manik (F. Gabungan Amanat Perjuangan Sejahtera)

Pj. Bupati mengucapkan rasa terima kasih serta mengapresiasi kerja keras anggota DPRD dalam menuntaskan ketujuh Ranperda tersebut.

“Semuanya menjadi bagian yang sangat penting dari proses menuju perbaikan serta peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan serta pelaksanaan pembangunan ke depan,” ucapnya.

Pj. Bupati juga berharap akan dukungan dari DPRD akan Ranperda-ranperda berikutnya yang akan disampaikan, sembari mengucapkan terima kasih atas atensi seluruh elemen yang hadir dalam kesempatan ini serta memberi perhatian yang penuh atas pembahasan ketujuh Ranperda tersebut. ***

Sumber berita: Bagian Humas.