SANGGAU, metro7.co.id – Danrem 121/ Abw Brigjen TNI Ronny menghadiri Pembukaan TTMD Ke-113 Tahun 2022 di Kantor Bupati Sanggau, acara berlangsung di Gedung Musyawarah ll Lantai l Kantor Bupati Sanggau, Rabu (11/5).

Pembukaan TMMD berlangsung secara bersamaan di beberapa Kabupaten yang ada di Kalbar, dan disiaran secara langsung melalui Video conference.

Dalam acara Pembukaan TMMD ke- 113 tahun 2022 yang berlangsung di Kabupaten Sanggau di buka secara langsung oleh Paolus Hadi Bupati Sanggu.

Pembukaan TMMD ke-113 tahun 2022 yang berlangsung di Kabupaten Sanggau di Hadiri oleh, Danrem 121/ Abw Brigjen TNI Ronny, Bupati Sanggau Paolus Hadi, Dandim 1204/Sgu Sgu Letkol Inf Bayu Yudha Pratama, WaKapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, Kajari Sanggau Dr. Anton Rudiyanto, Ketua DPRD Sanggau Jumadi, Kepala Pengadilan Negeri Sanggau Dian Anggraini, dan tamu undangan lainya.

TMMD reguler ke 113 tahun 2022 di jajaran Korem 121/ abw di laksanakan di dua Kabupaten pertama di Sanggau dan yang kedua di Kabupaten Mepawah, hal itu disampaikan Danrem 121/ Abw Brigjen TNI Ronny, kepada wartawan.

Ronny menyebut sasaran fisik TMMD meliputi peningkatan jalan sepanjang 24,1 Kilometer yang menghubungkan 2 Kecamatan, Kecamatan Kapuas dan Kecamatan Jangkang, dan dari 2 desa yang terpencil.

Selain itu menurut Ronny, untuk sasaran non fisik TMMD berupa penyuluhan, sosialisasi dan pemberian ilmu pengetahuan kepada masyarakat, dami meningkatkan kesejatraan Masyarakat desa, dan percepatan program pembangunan di Kabupaten itu sendiri.

“Selain itu kemanunggalan dan komunikasi sosial antara TNI dengan Rakyat akan di lakukan sehingga TNI dapat merasakan kehidupan merakyat, selain itu TMMD juga akan mebangun dan mengimplemntasikan basis di pedesaan dan Masyarakat pedalaman,” terang Ronny.

Danrem 121/abw berharap kegiatan TMMD dapat bermanfaat biak dalam jangka pendak maupun jangka panjang, dalam mendukung kesejatraan Masyarakat di Kabupaten Sanggau dan di Kabupaten lainya.

Dalam Kesempatanya Bupati Sanggau Paolus Hadi menyambut baik adanya TMMD yang ke-113 tahun 2022.

“Ini adalah program dari pemerintah daerah bersama TNI secara khusus, dan perogram ini telah dilaksanakan di setiap tahun, tahun ini TMMD di laksanakan di Desa Entakai Kecamatan kapuas menuju Desa Selampung Kecamatan Jangkang,” terang Paolus Hadi.

Menurut Paolus Hadi potensi di kedua daerah cukup luar biasa karna mencakupi daerah perkebunan, dan terdapat potensi wisata pemandian air hangat.

“Dalam hal ini kita mendorong betul karna jalan yang saat ini di kerjakan TMMD cukup panjang sekitar 24,1 kilo meter, walaupun itu masih belum cukup karna menuju jalan SP 4, tapi meski demikian ini sudah cukup lumayan,” jelasnya.

“Saya sudah sampaikan ke masyarakat di sana untuk bisa mendukung perbaikan sarana jalan yang saat ini sudah dalam tahap pengerjaanya, melalui program TMMD yang ke 113 tahun 2022, semoga semuanya dapat berjalan dengan lancar,” tandasnya.

Di kesempatanya Dandim 1204/Sgu Sgu Letkol Inf Bayu Yudha Pratama mengatakan, dalam pelaksanaan pera TMMD sudah dilaksanakan pengerjaan jalan tersebut.

“Kurang lebih sekitar 50℅ jalan yang menghubungkan dua Desa sudah di kerjakan dengan jarak sejauh 12 kilometer, kita rencanakan pengerjaan jalan sejauh 24,1 kilometr yang menghubungan dua kecamatan akan rampung pada 9 Juni 2022 mendatang,” tandasnya.

Kodim 1204/Sgu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau akan melakukan sosialisasi dan penyuluhan setunting ke dua Kecamatan yang masuk dalam program TMMD tersebut, untuk menganalisa demi menurunkan persentase setunting di sana.

Dalam Acara Pembukaan TMMD ke-113 tahun 2022 di Kabupaten Sanggau, dalam sesi tanya jawab Kajari Sanggau Dr. Anton Rudiyanto mengusulkan agar Kejaksaan Negri Sanggau dapat di libatkan di dalam program TMMD, hal itu menurut Anton sangat perlu dalam meberikan edokasi hukum bagi masyarakat di pedalaman.

Usulan Kajari Sanggau dalam prorgam TMMD di sambut baik oleh Danrem 121/ Abw Brigjen TNI Ronny dan Danrem 121/ abw dia berjanji akan melibatkan Kejaksaan Nergi Snggau dalam program TMMD yang ada di Kabupaten Sanggau.

Penghujung acara Pembukaan TMMD ke 113 tahun 2022 di lakukan Penyerahan Cinderamata Dari Bupati Sanggau Kepada Danrem 121/Abw Berupa Plakat Sabang Merah Dan Sumpit.