SANGGAU, metro7.co.id – Mencegah penyebaran covid-19, Kodim 1204/Sanggau bersama dengan CIQ (Custom Immigration Quarantine) PLBN Entikong bersinergi melaksanakan penerapan protokol kesehatan kepada para PMI yang akan kembali ke wilayah Indonesia, minggu (27/12/2020).

Dalam hal ini Kodim 1204/Sgu melalui Koramil 1204-21/Entikong serta stake holder lainnya bekerja sama menerapkan prosedur kekarantinaan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan tambahan kepada para PMI.

Dandim 1204/Sgu, Letkol Inf Affiansyah mengatakan, penerapan protokol kesehatan kepada para PMI tersebut sesuai dengan kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Hal tersebut sesuai dengan kebijakan pemerintah bahwa setiap orang yang masuk ke Indonesia wajib mengikuti prosedur kekarantinaan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan tambahan yang berlaku di Indonesia,” katanya.

Selanjutnya mengungkapkan, mulai kedatangan PMI, petugas gabungan akan menerapkan protokol kesehatan, mulai dari mencuci tangan, penyemprotan desinfektan kepada orang berikut barang bawaan dan pengecekan suhu tubuh. Serta screening melalui rapid test oleh Karantina Kesehatan Entikong.

“Sesuai dari laporan hari ini tercatat sebanyak 32 orang PMI yang masuk ke wilayah Indonesia melalui PLBN Entikong dan seluruhnya dinyatakan aman untuk melanjutkan perjalanan sesuai dengan tujuan daerah masing-masing,” tutup Letkol Inf Affiansyah.