KETAPANG, metro7.co.id – Sejumlah wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Ketapang (AJK) menerima vaksinasi Covid-19 tahap pertama. Vaksinasi terhadap awak media dilakukan bersamaan dengan para tokoh dan pelayan publik di Ketapang, Rabu (10/3/2021).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Ketapang, Basaria Rajagukguk mengatakan, awak media merupakan salah satu program prioritas pihaknya dalam pemberian vaksinasi.

“Wartawan selalu mencari berita. Tentu berkontak terus dengan orang lain yang berbeda-beda, sehingga rawan tertular covid. Dari itu awak media harus diberi perlindungan vaksinasi, mengingat mobilitas dalam bekerja tinggi,” kata Basaria.

Selain prioritas kepada awak media, pihak lain seperti tokoh agama, masyarakat dan para pelayan publik juga menjadi prioritas. Namun pelaksanaannya tetap bertahap sesuai ketersediaan vaksin.

”Tetap diberlakukan prioritas yang sama, tapi bertahap sesuai datangnya vaksin. Jadi kita berlakukan azas prioritas sesuai kemampuan jumlah vaksin yang diterima untuk Ketapang. Mohon bersabar bagi yang belum divaksin,” tuturnya.

Sementara Ketua AJK, Theo Bernadhi menyambut baik vaksinasi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan Ketapang.

“Tentu kami menyambut baik vaksinasi, mengingat ini menjadi salah satu ikhtiar kita dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang sekarang masih terjadi di Ketapang,” ucap Theo.

Dia berharap, kedepan vaksinasi dapat menyasar ke masyarakat secara lebih luas, khususnya pihak-pihak yang memang bersentuhan langsung dengan masyarakat ramai. Tujuannya agar lebih efektif.

”Kita juga berharap vaksin ini menjadi solusi yang ampuh dalam menangani pandemi yang saat ini masih terjadi. AJK juga mengajak masyarakat untuk tidak abai terhadap protokol kesehatan meskipun sudah divaksin,” sambungnya.[]