KETAPANG, Metro7.co.id – Sebanyak 4.920 vial vaksin Covid-19 dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) untuk Kabupaten Ketapang telah tiba, Rabu (27/1/2021) pagi.

Pasca diserah terimakan ke Pemda Ketapang, kemudian vaksin Coronavac produksi Sinovac tersebut diserahkan langsung kepada Dinas Kesehatan Ketapang.

Kepala Dinas Kesehatan Ketapang, Rustami mengatakan, nantinya vaksin yang sudah datang akan diberikan kepada petugas kesehatan. Termasuk juga pelayan publik, yakni TNI-POLRI dan Pol PP.

“Tdak hanya khusus tenaga kesehatan, kemarin perhitungan kita tenaga kesehatan cuma 1.990 orang, ternyata vaksin yang datang 4.920 vial. Jadi kami akan langsung memberikan vaksin ini kepada petugas publik,” kata Rustami.

Pada 28 Januari (besok), Dinkes Ketapang akan melakukan simulasi pelaksanaan pemberian vaksin di Puskesmas Suka Bangun. Sedangkan vaksinasi perdana dilaksanakan 2 Februari 2021.

“Tahap perdana nanti kami akan melakukan vaksinasi kepada pejabat daerah sebanyak 10 orang. Pelaksanaanya di Kantor Bupati Ketapang,” jelasnya.

Selain Bupati Ketapang yang divaksinasi di tahap pertama, vaksinasi perdana juga diberikan kepada Kepala Dinas Kesehatan, direktur rumah sakit dan unsur Forum Komunikasi Perangkat Daerah.

“Tapi kami ingatkan dulu, harus kita periksa dulu, kalau beliau-beliau tidak memenuhi syarat divaksin, kami tidak memberikan vaksin kepadanya. Jadi satu hari sebelumnya kita cek dulu,” tambahnya.

Sementara Asisten II Setda Ketapang, Marwannor mengatakan, vaksinasi tahap pertama tidak akan menyasar mayarakat umum. Namun diberikan kepada tenaga kesehatan, pejabat publik, TNI-Polri dan pelayan publik.

“Untuk masyarakat tidak usah takut, jangan terpancing berita hoax. Ini sangat aman dan sudah diuji kelayakannya. Secara medis sudah sesuai standar kesehatan,” ungkapnya.