SINGKAWANG, metro7,co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota Singkawang, Sumastro menjadi satu dari sejumlah tokoh masyarakat yang divaksinasi sinovac tahap pertama.

Pemberian vaksin ini, menurut Sumastro penting dilakukan sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Singkawang.

Lebih lagi, menurutnya pelaksanaan vaksinasi bukanlah hal yang begitu aneh, bahkan dirinya pun pernah melaksanakan vaksinasi untuk pencegahan penyakit lain.

“Kita kan sudah biasa divaksin, kalau orang mau naik haji kan sebelum berangkat pasti divaksin,” katanya.

Sama halnya dengan vaksin COVID-19, hanya saja pelaksanaannya dibuat acara seperti ini. Jadi mungkin masyarakat merasa agak sedikit takut. Tetapi kalau alamiah dan dibawa santai, dia rasa masyarakat tidak masalah.

Namun di sisi lain, apa yang Pemkot Singkawang lakukan adalah sebagai bentuk sosialisasi ke masyarakat, jika pejabat publik siap bahkan sudah mengikuti vaksinasi.

“Jadi masyarakat Singkawang bisa menyaksikannya sendiri. Dan Insya Allah vaksin ini aman dan tidak terjadi sesuatu yang buruk,” harapnya.

Sumastro juga berharap program vaksinasi COVID-19 di Indonesia khususnya di Kota Singkawang bisa berjalan dengan sukses.

“Artinya vaksinasi ini adalah merupakan upaya ikhtiar selain upaya-upaya yang terus kita bangun dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Jika memang pasca vaksinasi ada masyarakat yang mengalami gejala klinis, segera laporkan ke puskesmas terdekat. “Saya yakin pasti akan dilayani,” katanya.

Dia berharap setiap warga Singkawang bisa menenangkan diri dan jadikan vaksinasi ini sebagai solusi yang terbaik ketika masyarakat berhadapan dengan pandemi. “Setelah adanya vaksinasi ini, saya harap pandemi COVID-19 akan mereda,” tuturnya. ***