TAMIYANG LAYANG – Desa Ampah II Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur terus meningkatkan sarana dibidang pembangunan jalan usaha tani dan titian usaha tani.

Pasalnya, Desa yang dipimpin oleh M Kusairi selaku Kades ditempat itu hampir 100 persen warganya berprofesi sebagai petani dan pekebun.

“Tahun lalu dan tahun ini Dana Desa (DD) kita masih fokus membangun sarana penunjang pertanian dan perkebunan seperti jalan usaha tani dan titian usaha tani. Sebab, pembangunan tersebut masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat disini,” ujar Kades Ampah II M Kusairi, Kamis , (21/2/2019).

Dirinya menjelaskan, Tahun 2019 ini DD Desa Ampah II kurang lebih Rp. 793 juta. Dengan dana tersebut, lanjut Kades, pihaknya merencanakan membangun siring timbun jalan usaha tani danau tungkat sepanjang 60 meter, titian danau kajang 30 meter, titian dinamit 50 meter dan merehap titian usaha tani sepanjang 100 meter.

“Kalau bahan untuk titian usaha tani semuanya menggunakan kayu ulin. Sedangkan untuk siring timbun, kita gunakan tanah latrit,” ujar Kades yang ramah ini.

Dirinya menambahkan, selain membangun titian usaha tani dan jalan usaha tani, DD tahun 2019 ini juga direncanakan untuk membuat sumur bor.” Kalau sumur gali kita bangun sebanyak 9 buah dengan anggaran 12 juta perbuahnya,” ungkapnya.

Dirinya juga menjelaskan, setiap pembangunan yang dananya berasal dari DD, pembangunan juga melibatkan masyarakat Ampah II.

Dengan demikian, lanjut lelaki yang dinilai warga sukses memimpin desa Ampah II, penghasilan warga menjadi bertambah, sehingga bisa membantu kebutuhan rumah tangganya.

“Hampir 90 persen warga kita libatkan dalam setiap pembangunanya. Jadi warga memiliki penghasilan tambahan. Mudah-mudahan program ini bisa tetap berlanjut setiap tahunya dan terus meningkat dananya,” pungkasnya. (metro7/budi).