TAMIANG LAYANG – Kucuran dana desa yang masuk kerekening desa Ampah II kecamatan Dusun Tengah kabupaten Barito Timur rupanya memang dimanfaatkan sebaik- baiknya oleh pemerintah desa Ampah II.

Melalui dana desa, berbagai pembangunan dan pemberdayaan sudah dijalankan pemerintah desa Ampah II dengan mementingkan kebutuhan masyarakat, bukan hanya keinginan sepihak.

Kepala Desa Ampah II M Kusairi saat ditemui Metro7 Sabtu 28 Desember 2019 beruja, bahwa setiap pembangunan maupun program pemberdayaan yang anggarannya melalui dana desa maka dirinya selaku Kepala Desa selalu mengutamakan mufakat atau rapat bersama pemerintah desa, Badan Pemusyarawatan Desa (BPD), tokoh masyarakat, tokoh agama, RT dan juga melibatkan masyarakat setempat.

“Kita selalu utamakan mufakat dengan semua pihak. Dengan demikian, apa yang kita bangun dapat dinikmati masyarakat hasilnya,” ungkap Kusairi.

Menurutnya, dengan mengutamakan mufakat, mereka akan tahu apa yang dibutuhkan masyarakat, sehingga setiap anggaran dana desa pembangunan bisa tepat sasaran, sehingga dinikmati masyarakat kehadiranya.

“Karena anggaran sangat terbatas, kita sangat teliti dalam menggunakan dana desa, mengingat kita mengutamakan kebutuhan masyarakat banyak, bukan hanya untuk dinikmati beberapa orang saja,” jelasnya.

Untuk tahun ini, dana desa tahap tiga ini ia mengungkapkan akan membangun empat item pembangunan fisik.

“Tahun ini dana desa tahaf tiga kita akan membangun gapura, titian usaha tani danau kajang, cor beton jalan untuk aktifitas masyarakat menuju kebun dan kesawah dan membuat pagar untuk TK Al-Qur’an,” ucapnya.

Mengenai dananya, M Kusairi menguraikan bahwa dana untuk membangun ke empat item tersebut kurang lebih Rp 130 juta.

“Saat ini pembangunan ke empat item tersebut ada yang baru dikerjakan dan ada juga yang mau selesai. Kita harap dengan dibangunya beberapa pembangunan tersebut dapat mensejahterakan masyarakat desa Ampah II,” imbuhnya. (metro7/budi).