TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Guna menindaklanjuti Surat Kementeriaan Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor : 1402/B6.5/GT.04.00/2022 Tanggal 29 Maret 2022 Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur melaksanakan  Coaching Clinic Ke-2 Gelombang 1 Pendaftaran Calon Guru Penggerak dan Calon Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan ke-7, di Aula Dinas Pendidikan setempat, Selasa (5/4/2022).

Kepala PPPPTK IPA Bandung Enang Ahmadi, melalui Fasilitator  PGP P4TK IPA Bandung Wandy Praginda,   dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan l Coaching Clinic Ke-2 Gelombang 1 Pendaftaran Calon Guru Penggerak dan Calon Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan ke-7 bertujuan untuk memberikan fasilitasi  teknis dan akademis kepada guru-guru yang akan mendaftar menjadi calon guru penggerak dan peserta  calon Pengajar Praktik Program Guru Penggerak angkatan 7 di 45 Kabupaten/Kota di wilayah Kalimantan termasuk di dalamnya Kabupaten Barito Timur.

Wandy juga tidak lupa mengajak dan memotivasi semua peserta pendaftar Calon Guru Penggerak dan Calon Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan ke-7 Kabupaten Barito Timur untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan  sebaik-baiknya.

Ia menambahkan hanya Kabupaten Barito Timur saja yang menerima 2 kali kesempatan ikut dalam kegiatan ini.

“Saya berharap agar guru-guru di Barito Timur lebih profesional dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi ujarnya diakhir sambutan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Sabai,  melalui Sekretaris Dinas yang juga panitia pelaksana Messias, menjelaskan bahwa  kegiatan ini bertujuan untuk menyampaian informasi dan sosialisasi kepada para Calon Guru Penggerak, karena pengertian dariGuru Penggerak sendiri yaitu pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Messias memaparkan bahwa kegiatan  Coaching Clinic Ke-2 Gelombang 1 Pendaftaran Calon Guru Penggerak dan Calon Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan ke-7 Kabupaten Barito Timur dikuti 125 peserta kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari yang dibagi 2 sesi pagi dan sore.

Ketua panitia Program Calon Guru Penggerak Kabupaten Barito Timur ini juga memberikan motivasi kepada semua peserta pendaftar Calon Guru Penggerak maupun Pengajar Praktik angkatan ke-7 bahwa kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan selama 6 bulan lebih singkat bila dibandingkan pada kegiatan yang sama pada angkatan ke-4 yaitu selama Sembilan bulan.

“Saya harap  agar semua peserta Coaching Clinic mengikuti kegiatan ini dengan penuh rasa bangga dan  tanggung jawab,  karena bapak/ibu guru ini adalah orang yang terpilih dari sekian ribu guru yang ada. Messias berdoa agar 125 peserta ini dapat lulus semua, sehingga menjadi agen perubahan mutu pendidikan  di sekolahnya masing-masing,” pungkasnya.