TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Panitia Ibadah Qurban Masjid At-Taqwa memotong 4 ekor sapi Qurban, Rabu, 28 Juni 2023.

Empat ekor sapi tersebut terdiri dari tiga ekor sapi dari jamaah masjid dan satu ekornya dari pemerintah setempat.

Di kegiatan pemotongan hewan qurban, Pihak Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Barito Timur (Bartim) memastikan daging hewan qurban yang dibagikan tersebut sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Sebelum dilakukan penyembelihan, pihak Dinas Peternakan dan Perikanan Bartim terlebih dulu mengecek kesehatan 4 ekor sapi qurban tersebut.

“Kegiatan tersebut diawali pemeriksaan suhu tubuh sapi. Kemudian pemeriksaan berkaitan dengan  Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), serta memastikan hewan qurban tersebut tidak cacat,” kata Ratna Widyasari ST MM, Kabid Peternakan Dinas Peternakan dan Perikanan Bartim.

Setelah itu, papar Ratna, dilanjutkan dengan pengecekan bagian dalam organ sapi. Antara lain mengecek limpa, organ paru, dan hatinya.

“Semua hewan qurban itu sudah kami cek kesehatannya. Mulai dari luar hingga dalam, dan dinyatakan sehat, aman dikomsumsi. Daging semua sapi tersebut sehat,” ujarnya.

Ratna menjelaskan, 4 ekor sapi qurban di Masjid At-Taqwa itu memiliki tanda IARPG, yang merupakan penandaan ternak dari Dinas Peternakan.

“Kalau ada tanda itu, maka akan memudahkan kami melakukan pengecekan riwayat hewan tersebut. Yakni sudah pernah divaksin, dan itu ada barcode-nya,” pungkasnya. ***