TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Sebuah rumah warga  RT 01 Desa Putai, Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur hangus dilalap sijago merah, Selasa (16/2/2021).

Beruntung peristiwa kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa, namun akibat peristiwa tersebut mengakibatkan korban mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Diduga peristiwa itu terjadi sekitar Pukul 21. 20 WIB ketika rumah dalam keadaan kosong. Jago merah muncul dan diketahui oleh warga yang melintas.

Kapolres Bartim, AKBP Afandi Eka Putra melalui Kapolsek Dusun Tengah, Iptu Nurheriyanto mengungkapkan bahwa pemilik rumah tersebut yakni Yadi atau Abah Daus yang merupakan warga di RT 01 Desa Putai

Menurutnya, peristiwa kebakaran tersebut terjadi dengan cepat. Api diduga berasal dari dapur rumah milik korban.

“Pemicu api sementara diperkirakan dari korsleting listrik,” ucap Kapolsek, Rabu (17/2/2021).

Dirinya menerangkan pada tanggal 16 Februari 2021 Skj 21.20 Wib, pada saat saksi 1 (pertama ) sedang  melintas di Tkp melihat ada kepulan api yang cukup besar dari arah dapur rumah korban, kemudian saksi berusa menendang pintu rumah tersebut sambil berteriak meminta pertolongan kepada warga, kemudian korban langsung mendatangi Kantor Desa Putai yang kebetulan aparat desa sedang lembur.

Kemudian setelah mendengar laporan dari saksi 1  ( pertama) bahwa ada rumah salah satu warga yang terbakar saksi 2 kemudian mendatangi TKP tersebut dan melihat api sudah menjalar ke bagian tengah rumah yang berukuran 6X 12 m.

Setelah melihat api yang kian membesar kemudian saksi 2 menghubungi Petugas Damkar Sabilal Mujahidin Ampah, Imam Mahmudi untuk meminta bantuan memadamkan api yang mulai membesar.

Kemudian setelah tiba Damkar Sabilal Mujahidin Ampah, Damkar Rela Ampah serta Damkar Ampah, api bisa dipadamkan pukul 22.35 Wib.

“Rumah dalam keadaan kosong karena pemilik pergi ke Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Kalsel sejak pagi hari.

Dari keterangan, sambung Kapolsek, semua lampu di rumah berukuran 6 x 12 meter itu menyala. Api dengan cepat membakar rumah dengan material kayu.*