Tamiang Layang — Keberadaan fasilitas layanan kesehatan seperti Puskemas sangat penting bagi masyarakat desa. Akan tetapi, belum semua desa memiliki layanan kesehatan tersebut.
Kepala Desa Pangkan Kecamatan Paku, Kristian, menuturkan saat ini di desanya belum ada fasilitas kesehatan seperti puskesmas ataupun Pustu (Puskesmas Pembantu). Tak ayal, setiap masyarakat yang sedang sakit atau ingin berobat harus menempuh perjalanan ke Puskemas terdekat sejauh 12 Km menuju ke Ampah atau menuju ke Desa Tampa.
“Masyarakat yang mau berobat menuju ke puskesmas terdekat yakni ke Ampah atau ke Desa Tampa,” papar Kristian.
Hal tersebut, menurut Kristian sangat memberatkan bagi warganya yang kurang mampu. Terlebih, banyak warganya yang belum memiliki kendaraan bermotor untuk menempuh perjalanan ke puskesmas yang jaraknya lumayan jauh tersebut.
“Kasian warga kami yang tidak memiliki kendaraan bermotor, harus meminjam kendaraan motor tetangga,” ungkap Kristian.
Kristian berharap, pemerintah daerah maupun dinas terkait dapat membantu untuk mendirikan Pustu atau Puskemas di desanya. Karena, fasilitas pelayanan kesehatan dinilai sangat penting untuk masyarakat di desanya.
“Kami berharap Pemkab Bartim maupun dinas terkait dapat membantu perihal pelayanan kesehatan tersebut, sehingga masyarakat yang sakit tidak lagi menempuh perjalanan yang jauh,” pungkasnya. (Metro7/MJ/Sigit)